• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 3 September 2014
Tribun Manado

Puncak HUT Kerukunan Keluarga Kawanua Ditunda 8 September

Sabtu, 17 Agustus 2013 18:32 WITA
Puncak HUT Kerukunan Keluarga Kawanua Ditunda 8 September
ISTIMEWA
Ketua Panpel HUT ke-40 KKK, Angelica Tengker

Laporan wartawan Tribun Manado Fernando Lumowa

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Hari H puncak perayaan HUT ke-40 Kerukunan Keluarga Kawanua (K3) yang sedianya digelar 31 Agustus mendatang digeser hingga Minggu 8 September. Penundaan ini, kata Ketua Panpel Perayaan HUT K3 tahun 2013, Angelica Tengker karena melihat tingginya animo Kawanua untuk berpartisipasi dalam acara ini.

"Sebenarnya K3 punya dua acara, Pesta Rakyat HUT K3 bertajuk Kawanua Bersatu pada 31 Agustus dan Festival Malesung II pada 6-7 September. Rapat panitia sekaligus temu teknis memutuskan acara digabung sekaligus pada 8 September," kata Angelica via BlackBerry Messenger (BBM) ke Tribun, Jumat (16/8/2013).

Lokasi pelaksanaan juga berubah, sebelumnya di Bumi Perkemahan Cibubur dialihkan ke Sport Mall Kelapa Gading. Perubahan diambil karena melihat tingginya animo warga Sulut yang ingin ambil bagian dalam acara tersebut. "Ada 37 grup maengket dan kolintang dari Manado dan se-Indonesia menyatakan diri siap berpartisipasi. Mereka ingin berkumpul bersama keluarga Kawanua di Jakarta," katanya.

Soal rangkaian acara, dipastikan tak berubah. Acara akan dikemas dalam nuansa 'sangat' Minahasa. Puncak acara ini akan diisi berbagai lomba permainan kampung antara lain, tarik tambang, cigulu-cigulu, lari tampurung, baku rubuh tangan (panco), putar dodutu, vokal grup, hingga palakat pake bahasa daerah.

Acara bertema Kawanua Bersatu ini dirangkaikan dengan perayaan HUT ke-68 Proklamasi Kemerdekaan RI. Acara ini digelar sebagai momen keakraban semua warga Kawanua. "Kami mengundang semua Kawanua di Jakarta dan sekitarnya, maupun dari mana saja untuk hadir dalam acara baku dapa ini karena acara ini kita gelar dari torang for torang," ujarnya.

Momen ini merupakan pesta rakyat Minahasa di rantau. "Lebih dari itu, kita ingin mengingatkan kembali, kendati kita jauh dari tanah kelahiran dan asal leluhur, asal usul dan identitas kita sebagai Kawanua jangan dilupakan. Juga, kita sebagai Kawanua merupakan bagian dari NKRI," tukas Angelica.

Victor Rarung, Kordinator Acara dan Humas Panpel HUT ke-40 KKK menambahkan, selain lomba, akan digelar festival dan lomba kuliner khas Minahasa. Peserta diberikan kesempatan memamerkan sekaligus menjual aneka kuliner khas Minahasa di lokasi acara yang akan digelar sehari penuh.

Acara juga akan diwarnai pagelaran seni budaya Minahasa dan hiburan rakyat. "Tentu saja ada ibadah syukur yang akan dipimpin Pendeta Gilbert Lumoindong," katanya. Menurut Victor, sebelumnya telah digelar berbagai kegiatan rangkaian HUT yang jatuh pada 29 Mei  lalu yang diisi dengan ibadah syukur bersama KKK.

Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Robertus_Rimawan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
417843 articles 8 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas