Lebaran Ketupat 2013

Sejarah Tradisi Hari Raya Ketupat

Hari ini, Kamis (15/8/2013), hampir setiap daerah di Indonesia merayakan Lebaran Ketupat atau Hari Raya Ketupat.

Sejarah Tradisi Hari Raya Ketupat
wikipedia.org
Ketupat lebaran. 

TRIBUNMANADO.CO.ID - Hari ini, Kamis (15/8/2013), hampir setiap daerah di Indonesia merayakan Lebaran Ketupat atau Hari Raya Ketupat, begitu juga di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Tradisi Lebaran Ketupat ini sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat Indonesia.

Kapan tradisi Lebaran Ketupat ini dimulai? Sayangnya belum ada referensi ilmiah tentang tradisi ini. Namun, ada yang mengira-ngira, tradisi membuat ketupat sudah ada sejak masuknya Islam ke tanah Jawa, sekitar tahun 1400-an.

Berdasarkan catatan Wikipedia, ketupat atau kupat merupakan simbolisasi ungkapan dari Bahasa Jawa, ku = ngaku (mengakui) dan pat = lepat (kesalahan), yang digunakan oleh Sunan Kalijaga dalam mensyiarkan ajaran Islam di Pulau Jawa yang pada waktu itu masih banyak yang meyakini kesakralan kupat. Pada waktu itu, ketupat sering digantung di atas pintu masuk rumah sebagai semacam jimat.

Asilmilasi budaya dan keyakinan ini akhirnya mampu menggeser kesakralan ketupat menjadi tradisi Islami ketika ketupat menjadi makanan yang selalu ada di saat umat Islam merayakan lebaran sebagai momen yang tepat untuk saling meminta maaf dan mengakui kesalahan.

Saat itu, Sunan Kalijaga memperkenalkan dua istilah Bakda kepada masyarakat Jawa, Bakda Lebaran dan Bakda Kupat. Bakda Lebaran dipahami dengan prosesi pelaksanaan Salat Id 1 Syawal hingga tradisi saling kunjung dan memaafkan sesama muslim, sedangkan Bakda Kupat dimulai seminggu sesudah Lebaran (8 Syawal). Pada hari itu, masyarakat Muslim Jawa umumnya membuat ketupat, yaitu jenis makanan yang dibuat dari beras yang dimasukkan ke dalam anyaman daun kelapa (janur) yang dibuat berbentuk kantong, kemudian dimasak. Setelah masak, ketupat tersebut diantarkan ke kerabat terdekat dan kepada mereka yang lebih tua, sebagai simbol kebersamaan dan lambang kasih sayang.

Tradisi menyajikan ketupat pada hari Lebaran, bukan hanya ada di Indonesia. Di Malaysia, Brunei, Singapura, Filipina, juga Kepulauan Cocos (di Australia) ternyata ketupat juga dibuat saat merayakan Lebaran.

Penulis: Robertus_Rimawan
Editor: Robertus_Rimawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved