Rabu, 4 Maret 2015

7 Cara Melupakan Kenangan Buruk

Minggu, 4 Agustus 2013 15:06 WITA

7 Cara Melupakan Kenangan Buruk
SHUTTERSTOCK
Ilustrasi.

TRIBUNMANADO.CO..ID-Setiap orang tentu memiliki kenangan buruk. Ada kenangan buruk yang baik untuk diterima, ada pula kenangan buruk yang sebaiknya disingkirkan dan dilupakan.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa manusia memiliki memori selektif dan dapat menghapus kenangan buruk. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh tim peneliti dari Universitas Lund di Swedia, menggunakan scan EEG untuk memantau bagian otak yang menjadi aktif ketika seorang relawan mencoba untuk melupakan sesuatu. Manusia sebenarnya dapat mengetahui saat yang tepat menghapus kenangan buruk secara permanen.

Menurut para peneliti, menguasai teknik ini dapat berguna bagi orang yang menderita depresi atau gangguan stres pascatrauma. Kondisi di mana ada kenangan traumatis yang akan terus tinggal di dalam memori, sehingga memiliki efek buruk pada kesehatan mental. Dalam penelitian ini, para relawan dilatih melupakan informasi netral dalam lingkungan laboratorium terkendali. Pelatihan ini untuk melupakan peristiwa traumatis yang lebih kompleks.

Cara yang paling efektif sebenarnya adalah memanfaatkan keadaan dengan menekan kenangan buruk yang terjadi, sehingga kita dapat lupa sedikit demi sedikit. Jika kenangan berhasil ditekan ke arah positif, alhasil Anda akan benar-benar mampu melupakan kenangan tersebut.

Lantas apa yang sebaiknya dilakukan jika Anda merasa terjebak dengan kenangan? Berikut tujuh cara yang bisa Anda lakukan.

1. Kertas dan pena. Tuliskan sesuatu yang Anda cintai tentang keluarga, sahabat, kekasih, dan diri Anda sendiri. Tuliskan apa yang Anda syukuri dengan kehadiran mereka. Tuliskan setiap hal baik yang selalu mereka lakukan untuk Anda. Selain bisa membantu mengalihkan pikiran, Anda juga bisa memberikan tulisan tersebut saat mereka berulang tahun.

2. Cari hiburan. Bingung cari hiburan di mana? Kunjungi saja You Tube. Percayalah viceoweb yang satu ini takkan pernah membuat Anda gagal tertawa. Semua jenis lelucon dan berbagai hal konyol bisa Anda temukan di sini.

Halaman12
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR ANDA

TRIBUNnews.com © 2015

About Us

Help

Atas