Minggu, 21 Desember 2014
Tribun Manado

Minahasa Terkena Siklus DBD Lima Tahunan

Selasa, 23 Juli 2013 20:04 WITA

Minahasa Terkena Siklus DBD Lima Tahunan
TRIBUN MANADO/LUCKY KAWENGIAN
Dinkes Minahasa melakukan fogging di Kelurahan Wawalintouan dan Tounkuramber. Dinkes Minahasa mewaspadai siklus penyakit DBD lima tahunan yang terjadi di Minahasa. 

Laporan wartawan Tribun Manado Lucky Kawengian

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO - Dinas Kesehatan Minahasa sedang waspada menghadapi penyebaran penyakit demam berdarah dengue (DBD). Jumlah kasus penyakit ini sejak Januari sampai Juli mencapai angka cukup tinggi yaitu 85 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Minahasa, dr Yuliana Kaunang saat diwawancarai Tribun Manado, Selasa (23/7/2013) menjelaskan, kewaspadaan semakin ditingkatkan karena saat ini Minahasa sedang terkena siklus penyakit DPD lima tahunan. Dalam puncak siklus ini penyebaran penyakit ini menjadi lebih luas dan penderita penyakit pasti akan semakin banyak.

"Sekarang semua warga Minahasa harus waspada pada penyebaran penyakit DBD karena penyebaran diprediksi akan meluas dan penderita penyakit akan semakin banyak," ujarnya.

Dirinya menjelaskan, kasus DBD yang dilaporkan pada Dinas Kesehatan Minahasa tersebar hampir merata di semua kecamatan. Menurutnya dikhawatirkan penyebaran penyakit ini masih terus berlanjut dan akan ketambahan pasien baru.

"Beruntung sampai saat ini belum ada laporan korban jiwa karena penyakit DBD. Namun warga harus tetap waspada dan memperhatikan gejala-gejala penyakit ini. Selain itu sangat penting untuk menjaga kebersihan lingkungan," ujarnya.

Dinas Kesehatan Minahasa saat ini akan langsung bergerak untuk melakukan fogging jika ada laporan kasus DBD pada daerah tertentu. Menurutnya langkah cepat ini dilakukan agar penyebaran penyakit berbahaya ini tidak semakin meluas.

Editor: Robertus_Rimawan

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas