• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Kamis, 2 Oktober 2014
Tribun Manado

Sinagoge Berdiri Kokoh di Kota Tondano

Kamis, 11 Juli 2013 21:34 WITA
Sinagoge Berdiri Kokoh di Kota Tondano
istimewa
Sinagoge yang Berdiri Kokoh di Kota Tondano

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO - Hujan rintik masih mengguyur Kota Tondano, Sulawesi Utara, Sabtu sore pekan lalu. Jalanan di kota kecil ini terlihat sepi. Hanya bendi (semacam delman) lalu lalang merajai jalan. Tukang ojek banyak mangkal di tiap sudut kota berteduh. Kusir bendi segera mendekati penumpang tiap ada yang turun dari angkutan atau orang setengah berlari mencari tempat berteduh.

Meski begitu, Tondano sudah mendunia lantaran di sana berdiri sebuah sinagoge, tempat beribadah umat Yahudi. Letaknya Kelurahan Rerewokan, Kecamatan Tondano Barat.

Sopir mengantar merdeka.com nyaris baru mendengar istilah sinagoge. Kemudian petugas hotel tempat menginap juga baru mendengar ada sinagoge di Tondano. Demikian pula tukang ojek mangkal di pojokan terminal.

Tondano adalah ibu kota Kabupaten Minahasa. Jarak dari Manado, ibu kota Provinsi Sulawesi Utara, sekitar 35 kilometer. Tidak begitu sulit mengitari Tondano untuk mencari lokasi Sinagoge.

Sinagoge itu berada tidak jauh dari makam pahlawan nasional Dr. Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi atau lebih dikenal dengan nama Sam Ratulangi di Kelurahan Wawalintouan, Kecamatan Tondano Barat. Dari depan pusara itu, mengikuti jalan menanjak menuju markas Kepolisian Resor Minahasa.

Sekitar 1,5 kilometer dari kubur Sam Ratulangi, terdapat sebuah bangunan berwarna merah mencolok dengan arsitektur paling unik di kawasan itu. Kemudian di depan jalan bangunan itu terdapat penunjuk arah menuju Gereja Pantekosta di Indonesia Bukit Hermon Rerewokan.

Bangunan merah itu adalah sinagoge. Bentuknya segi enam dengan atap genteng rendah sehingga nyaris menutupi seluruh tembok. Tepat di atas pintu masuk terdapat papan nama bertulisan SHAAR HASHAMAYIM SYNAGOGUE, MINAHASA INDONESIA.

Sinagoge ini berukuran 8x16 meter, berdiri di atas lahan seluas 300 meter persegi. Kompleks ini dikelilingi pagar teralis besi setinggi 1,5 meter. Teralis ini juga dihiasi lambang Bintang Daud tiap jarak setengah meter.

Ada dua gerbang untuk memasuki sinagoge itu. Pintu masuk ke dalam bangunan ini ada di bagian samping. Dua pintu ini terbuat dari besi bercat hijau terdapat stiker kecil seukuran telunjuk orang dewasa bertulisan Shalom dalam huruf Ibrani dan Latin.(mdk)

Editor: Aswin_Lumintang
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
371484 articles 8 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas