• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 26 Oktober 2014
Tribun Manado

Umat Muslim Penuhi Masjid dan Mushalla di Manado

Rabu, 10 Juli 2013 20:50 WITA

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO  - Umat Islam Sulawesi Utara memadati masjid dan mushalla untuk melaksanakan shalat Tarawih hari pertama bulan suci Ramadhan 1434 H diawali dengan shalat fardhu Isya. Berlangsung kurang lebih satu setengah jam mulai pukul 19.00 hingga 20.30 wita.

Terpantau sejumlah masjid di Manado, Selasa (9/7) malam, meliputi Masjid Nurul Amin, Kompleks Perumahan Wale Manguni Indah, Masjid Besar Nurul Huda, Kampung Ketang dan Ternate Baru, Masjid Arsyad Thawwil, Kelurahan Komo Luar, Al MAsyhur, Istiqlal Kampung Arab, Awwal fathul Mubien, Kelurahan Islam dan Masjid Al Falah di Kelurahan Sindulang I, shalat Tarawih jamaah membludak.

"Shalat Tarwih pertama ini dilakukan serentak, sesui pengumuman pemerintah bahwa 1 Ramadhan 143 H jatuh pada 10 Juli, maka masjid-masjid dan mushalla dibuka bagi buat jamaah yang datang melaksanakan shalat," kata Taufiq Adam, pengurus Masjid Nurul Huda.

Umumnya shalat Tarawih di mesjid dan musholah dilakukan sebanyak dua puluh rakaat dan tiga rakaat sholat witir, namun ada juga mesjid melakukan delapan rakaat.
"Sholat tarwih meski hanya berupa perintah sunnah, namun sangat unik karena hanya dilakukan pada bulan Ramadhan saja, sementara dibulan-bulan lain meski adanya puasa sunnah tapi tidak dibarengi sholat tarwih", katanya.
 Dia berharap umat Islam Sulut melaksanakan puasa Ramadhan dengan sungguh-sungguh dan meninggalkan kebiasaan buruk yaitu berpuasa hanya tiga hari saja.

"Mari kita jadikan puasa Ramadhan kali ini sebagai puasa yang terakhir bagi kita, sebab tidak ada yang mengetahui sampai kapan umur kita ini," tutur Alkatiri yang juga anggota DPRD Sulut dan Ketua Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Sulut itu.
 Sementara itu, Ketua Wilayah Syarikat Islam (SI) Sulut, H. Abdul Azis Tegela mengatakan bahwa 1 Ramadhan (puasa) mengikuti pemerintah, sesuai sidang isbath  yang ditetapkan mulai 10 Juli 2013.

"Kami mengikuti sidang isbath yang dilakukan pemerintah, dalam hal penentuan awal 1 Ramadhan 1434 H, karena sudah sesuai dengan pengamatan dan pemantauan Rukyatul Hilal pada Senin (8/7/2013) petang," kata Azis Tegela.
 Dia menginstruksikan kepada seluruh warga Syarikat Islam Sulut untuk melaksanakan ibadah puasa dengan baik, tidak melakukan perbuatan atau hal-hal yang dapat membatalkan puasa kita.

Perintah berpuasa tersebut datangnya dari Allah SWT yang harus dilaksanakan oleh umat Islam yang sudah aqil baliq, dengan mengikuti semua syarat dan rukunnya sehingga mengantarkan kita pada ketaqwaan.
Tegela meminta kepada kaumnya untuk saling menghormati kepada saudara-saudaranya yang hari ini sudah melaksanakan puasa, dengan tidak menganggu atau membicarakannya, karena apa yang mereka yakini adalah haknya juga.

 Berbagai persiapan menyambut Ramadhan mulai terasa sejak satu bulan terakhir ini, dimana umat islam mulai membenahi mesjid dan musholah untuk digunakan pada bulan Ramadhan, selain juga para remaja menghias rumahnya bahkan jalan-jalan dipasangi lampu warni-warni untuk menyemarakan suasana bulan suci ramadhan 1434 Hijriah.(ant)

Editor: Aswin_Lumintang
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
370254 articles 8 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas