Jumat, 28 November 2014
Tribun Manado

Muhaimin Instruksikan Pembayaran THR Paling Lambat 1 Agustus

Selasa, 9 Juli 2013 13:42 WITA

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Melalui Surat Edaran nomor SE.03/MEN/VII/2013, Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Menakertrans) Muhaimin Iskandar menginstruksikan pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR).

Melalui surat yang dikirimkan kepada pemerintah daerah di seluruh Indonesia tersebut disampaikan bahwa THR harus diberikan pengusaha paling lambat seminggu sebelum Lebaran.

"Pembayaran THR bagi pekerja/buruh ini diberikan sekali dalam setahun oleh perusahaan dan pembayarannya sesuai dengan hari keagamaan masing-masing serta dibayarkan selambatnya tujuh hari sebelum hari raya keagamaan," kata Menakertrans Muhaimin Iskandar sebagaimana dirilis, Selasa (9/7).

Dalam rilis tersebut disebutkan, Lebaran tahun ini diperkirakan akan jatuh pada hari Kamis, 8 Agustus 2013. Adapun THR selambat-lambatnya dibayarkan pada 1 Agustus 2013.

Sementara ketentuan besar THR didasarkan pada peraturan THR keagamaan yang mana pekerja dengan masa kerja 12 bulan akan mendapat THR satu bulan. Pekerja yang bermasa kerja lebih tiga bulan kurang dari 12 bulan mendapatkan penghitungan proporsional.

Muhaimin juga meminta agar para gubernur, bupati/walikota memperhatikan dan mengawasi pembayaran THR ini di wilayah masing-masing. Selain itu, perusahaan didorong menyelenggarakan mudik bersama.

"Para gubernur, bupati dan walikota diimbau dapat mendorong perusahaan di wilayahnya untuk menyelenggarakan mudik Lebaran bersama dan segera berkordinasi membentuk pos komando satuan tugas (satgas) ketenagakerjaan peduli Lebaran 2013," lanjut menteri asal PKB tersebut.(*)

Editor: Aswin_Lumintang

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas