Kamis, 30 Juli 2015

Yobbi Baca Torah di Makam Sang Ayah

Senin, 8 Juli 2013 15:36

Yobbi Baca Torah di Makam Sang Ayah
istimewa
Membacakan Kitab Torah di makam sang ayah, di kubur Teling, Manado

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO - Sabtu pagi pekan lalu sekitar pukul 10.00. Rabbi Yobbi Ensel bersama istrinya, Yulita, sudah bersiap menuju kubur ayah dan kakeknya di pemakaman umum Teling Atas, Lingkungan II, Kota Manado, Sulawesi Utara.

Yobbi kembali mengenakan kippah, jubah hitam, celana kain, dan pantofel hitam. Sedangkan Yulita memakai celana jins biru dengan kaus abu-abu ditutup jaket jins biru dan menenteng tas tangan berwarna coklat.

Jarak pemakaman umum dari rumah Yobbi sekitar satu kilometer. Keduanya pergi naik sepeda motor matik. Macetnya Kota Manado membuat perjalanan tersendat. Mereka baru tiba di sana hampir setengah jam kemudian.

Luas pemakaman itu sekitar tiga hektar dan berada di pinggir Jalan 17 Agustus, Teling Atas. Kompleks ini tanpa pagar hingga setiap orang melintas di jalan itu akan melihat hamparan nisan. Hampir semua kuburan dilapisi keramik berbagai warna. Pemakaman kelihatan kurang terurus. Banyak rumput liar tumbuh.

Di dalam pemakaman itu ada beberapa makam diberi atap seng atau dipagar teralis besi. Rata-rata nisan terdapat lambang salib dan nisan berbentuk salib. "Pemakaman ini sudah penuh, makanya kalau ada yang meninggal akan disusun dalam satu nisan dengan keluarga sudah meninggal," kata Yobbi saat memasuki areal pemakaman.

Di sana juga terdapat makam untuk muslim, berada di bagian belakang. Sekitar 25 meter dari pinggir jalan terlihat sebuah kubur beratap seng dengan tiang kayu. Kemudian di bawahnya terdapat kuburan berkeramik putih setinggi satu meter. Ada dua batu nisan terpasang di sana. Ukuran masing-masing kuburan sekitar 1,5 x 05 meter.

Salah satu kubur dilapisi keramik putih dan bergaris biru di bibir permukaan makam. Sedangkan di tengahnya tergambar Bintang Daud, lambang bendera Israel.

Halaman12
Editor: Aswin_Lumintang
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas