• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 31 Oktober 2014
Tribun Manado

BPMPD Boltim Gelar Pelatihan Ketrampilan Manajemen Badan Usaha Milik Desa

Rabu, 26 Juni 2013 23:06 WITA
Laporan Wartawan Tribun Manado Aldi Ponge

TRIBUNMANADO.CO.ID, TUTUYAN -
Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (BPMPD) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menggelar Pelatihan Ketrampilan Manajemen Badan Usaha Milik Desa (BUMdes), pada Rabu (26/6).

Kepala  BPMPD Boltim, Syaiful Umbola mengatakan  pelatihan dihadiri oleh 255 BUMDes dari 51 Boltim. Mereka dilatih tentang pengorganisasian, usaha dan pengelolaan keuangan BUMDes.

"Dalam pelatihan ini para peserta pengurus BUMDes dimasing-masing desa dilatih mengelolah BUMDes dan keuangan termasuk simpan pinjam serta usaha-usaha lainya," ungkap Syaiful.

Syaiful mengatakan semua bentuk usaha yang ada di desa nantinya dikelola oleh BUMDes. Katanya, usai pelatihan ini semua BUMDes akan mendapat modal usaha yang sudah disiapkan pemerintah daerah melalui BPMPD senilai Rp 1,2 Miliar. "Masing-masing BUMDes akan mendapat modal usaha Rp 25 Juta," ungkapnya.

Syaiful mengharapkan awal 2014 mendatang semua badan usaha tersebut sudah mulai bekerja. "Anggaranya sudah ada sebagai modal awal. Dana ini harus dikelola dengan baik," pintahnya.

Syaiful menjelaskan kegiatan BUMDes setiap triwulan akan dipantau langsung dan dievaluasi BPMD. Sehingga jika mengalami peningkatan, maka pemerintah akan melakukan penambahan modal. Apabila ditemukan adanya penyimpangan maka akan dikenakan sanksi administrasi.

"Tak hanya sanksi admisnistrasi, kita akan menempu upaya hukum. Diharapkan agar masyarakat proaktif mengawasi BUMDes yang ada didesa masing-masing," imbaunya
Penulis: Aldi_Ponge
Editor: Rine_Araro
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas