• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 21 Oktober 2014
Tribun Manado

Lumapow Peringati Sekolah tak Pungut Biaya Pendaftaran

Senin, 17 Juni 2013 22:51 WITA


Laporan Wartawan Tribun Manado Alpen Martinus

TRIBUNMANADO.CO.ID,AMURANG- 
Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Minahasa Selatan menegaskan bahwa tidak ada penarikan biaya terhadap pendaftaran siswa baru apapun jenisnya.

"Tidak ada itu namanya pungutan, karena itu tidak sesuai dengan aturan, dan biaya untuk pendaftaran, itu sudah tertata menggunakan dana BOS untuk SD dan SMP, dan dana Bosda untuk SMA/SMK," jelas Hendrie Lumapow kepala Disdikpora, Senin (17/6).

Meskipun biaya tersebut dipungut berdasarkan keputusan bersama antara sekolah dengan komite sekolah, juga tidak dibenarkan."Namanya sudah tidak sesuai dengan aturan, kenapa juga harus dikonsultasikan dengan Komite, kalau jelas-jelas tidak diatur," jelasnya.

Jika masih saja ada yang melakukan pungutan atau yang sejenisnya, meski dengan alasan keputusan bersama dengan komite sekolah, tetap akan diberikan sanksi.

"Tetap sanksinya ada untuk kepala sekolah sebagai penanggungjwab, karena sudah tahu tidak sesuai aturan, masih dibuta, ya tanggung saja resikonya," ucapnya.

Ia menambahkan, atasan kepala sekolah adalah Dinas bukan komite."Komite sekolah itu mitra kerja kami, dan kalaupun ada masalah pungutan, tetap sekolah harus bertanggungjawab kepada dinas," jelasnya.

Namun menurut pantauan Tribun Manado di beberapa sekolah, memang menurut pengakuan beberapa orang tua bahwa biaya pendaftaran tidak ada, namun tetap memberikan sebagai bentuk partisipasi kepada guru tersebut.

Orang tua tidak perlu memberikan dana apapun kepada guru saat pendaftaran, agar guru tidak mendapatkan masalah dan mendapatkan teguran, sebab semua dana sudah diatur dan tersedia. (Amg)
Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Andrew_Pattymahu
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
347294 articles 8 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas