Kamis, 28 Mei 2015

KPU Boltim Tetapkan 191 Bacaleg Masuk DCS

Rabu, 12 Juni 2013 22:19

TRIBUNMANADO.CO.ID,TUTUYAN - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Bolaang Mongondow Timur (Boltim) menetapkan 191 calon masuk dalam daftar calon sementara (DCS) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Boltim, pada Rabu (12/6).

Sekretaris KPUD Boltim, Arfan Palima mengatakan setelah dilakukan berbagai tahapan sejak pemasukan berkas administrasi, verifikasi berkas dan perbaikan. Maka sesuai hasil pemeriksaan berkas pihaknya memutuskan  sebanyak 191 calon masuk DCS.

"Sebelum penyusunan DCS semua KPUD Kabupaten Kota melakukan rapat koordinasi di KPUD provinsi sehingga penyusunan sudah dibahas lewat rakor itu. Setelah itu disusun dan pada saat jadwal penetapan DCS itu, ditetapkan hari ini," jelas Arfan kemarin.

Arfan mengatakan hasil verifikasi terdapat 5 bakal calon yang tidak lolos berkas. Sehingga tidak dimasukkan dalam DCS yang ditetapkan KPUD Provinsi Sulut yang juga pelaksana tugas KPUD Boltim.

"4 calon dari partai Keadilan Persatuan Indonesia (PKPI) karena tidak melengkapi dan memperbaiki berkas pada masa perbaikan. Sedangkan 1 calon dari partai nasional demokrat (Nasdem) yang memilih mengundurkan diri," beber Arfan.

Dia menambahkan partai politik peserta pemilihan umum (Pemilu) legislatif 2014 hanya 5 partai politik yang memilik calon mencapai kuota 100 persen atau 20 calon. Kelima parpol tersebut yakni Partai Golkar, Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional,  dan Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura). "PKPI hanya 1 calon yang lolos yakni di dapil 1 sedangkan dapil 2 kosong. Partai Bulan Bintang (PBB) hanya 7 calon. Tapi itu tidak masalah," jelas mantan Kabag Humas Pemkab Boltim ini.

Arfan mengatakan pihaknya akan mengumumkan DCS tersebut, pada 13 hingga 17 Juni untuk mendapatkan tanggapan masyarakat. "KPUD membuka ruang terhadap masyarakat untuk menanggapi nama-nama calon yang masuk DCS, pada 14 hingga 27 Juni mendatang," katanya.

Halaman12
Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Rine_Araro
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas