• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 21 September 2014
Tribun Manado

Kunci Sukses Paotere Makasar Rajai Kejuaraan Renang di Kinilow

Minggu, 9 Juni 2013 21:01 WITA
Laporan Wartawan Tribun Manado Warstef Abisada



TRIBUNMANADO.CO.ID— Kejuaraan renang antar per kumpulan se-Indonesia Timur yang diikuti oleh 7 provinsi melibatkan 148 atlit telah berakhir, Sabtu (8/6) lalu di Kolam Renang Kinilow, Kecamatan Tomohon Utara setelah ditutup oleh Kapolda Sulut Brigjen Pol Dicky Atotoy disaksikan Danrem 131 Santiago Brigjen Jhony Tobing.
Dari hasil kejuaraan tersebut, perkumpulan renang Paotere Makasar berhasil menjadi juara umum setelah meraih 26 medali emas, 10 perak, dan 11 perunggu. Di tempat kedua adalah perkumpulan Garuda Laut Makasar dengan 17 emas, 18 perak, dan 16 perunggu, sedangkan ketiga adalah perkumpulan Manado Iruka SC dengan 10 emas, 6 perak dan 8. Perkumpulan renang dari Tomohon sendiri, yakni KISC Kinilow hanya berhasil meraih 8 medali emas, 13 perak, dan 21 perunggu.
Menurut Indra, official dari perkumpulan renang Paotere Makasar hasil tersebut memang tak mudah digapai, sebab diawali dengan persiapan yang cukup panjang, mulai dari pembinaan sejak dini para atlit, hingga penyiapan sarana prasarana yang memadai di daerahnya. “Atlit yang kami bawa untuk berkompetisi di kejuaraan ini hanya 7 orang saja, itu pun bukan yang menjadi unggulan di perkumpulan kami. Tapi, mereka berhasil meraih begitu banyak medali, sebab sudah terbiasa berlatih renang sejak kecil (4 tahun), ditambah lagi dengan memadainya sarana prasarana, dan jam terbang bertanding yang begitu banyak,’ katanya, kemarin.
Ia menuturkan pembinaan olah raga khususnya renang di Makasar berjalan sangat baik, karena perkumpulan di daerahnya diperhatikan begitu baik oleh pemerintah, terutama dalam pendanaan. “Pemerintah dan induk serta cabang olah raga sangat membantu kami disana, selain pendanaan, mereka juga sejak lama sudah menyiapkan gelanggang olah raga yang memadai, sehingga tak kesulitan bagi kami terutama para atlit untuk berlatih,’ terang Indra.
Diungkapkan Indra, para atlit tak lagi harus antri atau kesulitan untuk mengembangkan potensinya, sebab setiap saat bisa datang ke kolam renang yang terpusat di Gelanggang Olah Raga Matoangin Makasar. “Disana, semua fasilitas olah raga sudah tersedia, mulai dari sepak bola hingga renang, jadi tak sulit untuk mengasah kemampuan para atlit. Hingga hasilnya memang sangat membanggakan seperti saat ini. Bahkan ada yang sudah ikut sampai ke pelatnas renang,’ jelasnya.
Kapolda Sulut Brigjen Pol Dicky Atotoy berharap capaian prestasi yang diraih oleh seluruh atlit dan perkumpulan renang terutama dari luar daerah, dapat memberi catatan khusus dan pelajaran berharga bagi atlit dan perkumpulan renang di daerah ini, agar mau mengembangkan potensi yang ada, sehingga mampu tampil lebih kompetitif untuk meraih juara pada kejuaraan lainnya. “Kejuaraan ini menjadi uji coba, evaluasi, dan introspeksi bagi atlit-atlit lokal agar ke  depan bisa tampil lebih baik lagi. Pelatih bisa melihat kurangnya apa, untuk diperbaiki, misalnya jika melihat gaya atlit dari luar lebih bagus, maka itu yang harus dicontoh, biar ada motivasi untuk yang lainnya menjadi lebih baik,’ katanya, sembari berharap ke depan atlit yang berprestasi pada kejuaraan ini dapat berbicara lebih banyak lagi kelak ketika dewasa nanti.
Arnold Poli, Ketua Persatuan Renang Seluruh Indonesia (PRSI) Kota Tomohon mengaku bangga sebab pelaksanaan kejuaraan memperebutkan piala Kapolda itu dapat berjalan sukses, kendati perkumpulan dari Tomohon sendiri belum tampil sebagai juara umum. “Saya bangga karena atlit-atlit Tomohon juga berhasil menjadi juara 1 pada beberapa kategori, kendati belum menjadi juara umum. Tentu pemerintah akan terus membantu atlit memacu  prestasinya, terutama dengan menyiapkan sarana prasarana lebih memadai dengan melihat kemampuan keuangan daerah. Semuanya akan disiapkan secara bertahap, melihat skala prioritas, dan dimohonkan juga bantuan dari klub renang untuk bersinergi dengan KONI selaku induk olah raga dan pemerintah,’ tukas Sekretaris Kota Tomohon itu. (War)
Penulis: Warsteff_Abisada
Editor: Andrew_Pattymahu
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
339174 articles 8 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas