A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

Inspiratif! Bisnis Bantal Mobil Paulus Tembus Malaysia - Tribun Manado
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Senin, 15 September 2014
Tribun Manado

Inspiratif! Bisnis Bantal Mobil Paulus Tembus Malaysia

Senin, 20 Mei 2013 12:25 WITA

Kompas.com/Didik Purwanto Paulus - memamerkan kreasi bantal mobil ciptaannya. Bantal ini berbahan silikon sehingga nyaman sebagai sandaran saat berkendara.


TRIBUNMANADO.CO.ID - Ide bisnis bisa datang dari mana saja.  Salah satunya dengan jeli melihat bisnis dari penjualan mobil yang terus laris manis.  Paulus (35 tahun) pun mengembangkan bisnis bantal mobil. Bisnisnya ini fokus pada pembuatan bantal untuk kursi mobil.

Selama ini, ia merasa sandaran kursi mobil tidak selalu nyaman. Selain itu, sandaran kursi bawaan dari dealer mobil, modelnya hanya itu-itu saja. Agar terlihat enak dipandang dan lebih nyaman saat dipakai, Paulus menciptakan bantal khusus yang bisa dipakai sebagai aksesoris di kursi mobil. Bedanya dengan bantal mobil yang lain, Paulus menciptakan karakter unik di setiap bantal mobil tersebut.

Karakter bisa dipesan sesuai keinginan pembeli, baik berupa karakter kartun, tokoh robot, motif batik atau karakter lainnya. "Selain jadi pajangan di kursi, bantal tersebut juga bisa dipakai sebagai sandaran. Jadi bisa berfungsi ganda. Apalagi karakter yang dipakai bisa disesuaikan dengan karakter pemilik mobil," kata Paulus.

Karakter bisa dipesan sesuai karakter yang diinginkan, bisa mimik wajah tertawa, senyum atau bahkan sedih. Sehingga hal ini akan membuat karakter bantal lebih terlihat sesuai karakter pemilik mobil.

Beda dengan bantal mobil yang lain, Paulus menciptakan bantal tersebut dengan bahan silikon. Dengan bahan tersebut, bantal tidak mudah kempes saat dipakai dalam waktu yang lama.

"Bahkan saat bantal dicuci, nanti akan mengembang lagi seperti semula. Sehingga untuk dibuat bersandar pun semakin nyaman," tambahnya.

Variasi bisnis

Tidak hanya mengembangkan bisnis bantal mobil, Paulus pun menciptakan paket penjualan bantal mobil dengan aksesoris yang lain. Biasanya, pemesan akan secara sekaligus membeli satu paket bantal dengan sarung kursi mobil, safety belt hingga tempat tisu. Bahkan tidak ketinggalan pula bantal mungil.

Paulus juga menciptakan kreasi syal yang bisa sekaligus menjadi kantung ponsel, bantal khusus leher, kap lampu hingga tas yang kesemuanya bermotif karakter lucu.

Paulus menjual aksesori ini dengan harga mulai Rp 5.000 hingga Rp 300.000 per buah. Namun agar lebih murah dan lebih personal, Paulus menyarankan agar membeli bantal mobil ini dalam satu paket.

Pesanan online

Selama ini, Paulus mengerjakan bisnisnya di Surakarta (Solo) Jawa Tengah. Hingga saat ini, pihaknya belum membuka cabang di manapun. Namun ternyata, antusiasme pembeli justru banyak datang secara online (via internet). Bahkan pembeli berasal dari Malaysia dan Singapura.

"Saya pernah ada pesanan untuk membuat bantal mobil dengan harga hanya Rp 90.000. Tapi karena pembelinya dari Malaysia, ongkos kirimnya Rp 135.000. Malah mahalan ongkos kirimnya. Tetap akan saya layani meski pesanan dari luar negeri," kenangnya.

Paulus melakukan promosi dari mulut ke mulut. Tapi untuk lebih memperkenalkan usahanya, dia lebih memilih untuk memasarkannya secara online, baik lewat blog atau media sosial seperti Twitter dan Facebook.

Walau usahanya masih sekitar dua tahun, bisnis dengan bendera Mica Work ini sudah mempunyai sekitar 13 karyawan khususnya untuk menjahit boneka dan bantal hingga tahap penyelesaiannya (finishing).

Strategi bersaing

Bisnis bantal mobil ini memang sedang marak berkembang.  Paulus tetap mempertahankan kualitas produk, harga yang bersaing serta pelayanan kepada pelanggan yang memuaskan. Karena selama ini pemasaran produk lebih banyak memakai media internet, Paulus pun tak ragu untuk mengirim barang terlebih dulu dan bayar kemudian saat barang sampai.

"Bisnis online adalah bisnis kepercayaan. Memang masyarakat Indonesia belum melek bisnis online. Tapi lama-lama mereka juga akan paham," katanya.

Paulus pun juga tidak pernah takut akan tertipu bila pembeli ternyata tidak membayar barang pesanannya. Sebab nilai harga produk tersebut juga tidak terlalu besar. "Syukurlah, meski model pembayarannya belakangan, sampai saat ini semua pembeli membayar. Sebab, mereka tahu kualitasnya," tambahnya.

Hingga saat ini, Paulus bisa meraup omzet di atas Rp 30 juta per bulan. Beragam pameran selalu diikuti dan promosi via online terus gencar dilakukan, agar omzetnya terus berkembang.

Editor: Robertus_Rimawan
Sumber: Kompas.com
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
317104 articles 8 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas