• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Selasa, 16 September 2014
Tribun Manado

Soal Ujian Gampang-gampang Susah

Minggu, 5 Mei 2013 20:58 WITA
Laporan Wartawan Tribun Manado Edi Sukasah

TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU
- Sebanyak 28 calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kotamobagu tampak serius mengikuti ujian tertulis di Lembah Bening, Sininidian, Minggu (5/5/2013). Ada 75 soal yang harus mereka selesaikan dalam waktu 100 menit.

Anggota Tim Seleksi (Timsel) KPU Kotamobagu Sofyan Suratinoyo mengatakan naskah soal tersebut dari KPU Pusat. Dia menjamin kerahasiaan naskah soal tersebut.  "Soal diambil oleh Timsel Sabtu (4/5) malam dan mendapat pengawalan dari Polres Bolmong. Kami sama sekali belum pernah melihat bentuk soalnya seperti apa, dan masih di segel," ujar Sofyan.

Selain lima anggota Timsel, tampak juga anggota KPU Provinsi Sulut, Rivai Poli, pada ujian tertulis tersebut. Rivail merupakan koordinator wilayah (Korwil) untuk Bolmong Raya. Setelah pelaksanaan tes tertulis, naskah soal langsung dimusnahkan dengan disaksikan oleh peserta calon anggota KPU.

Menurut Asep Sabar, calon anggota KPU Kotamobagu, soal-soal pada ujian tertulis beberapa di antaranya terkait dengan independensi, integritas dan masalah-masalah teknis tentang pemilihan umum. "Soalnya gampang-gampang mudah dan bisa jadi menjebak," kata Asep usai ujian tertulis.

Setelah tes tertulis, peserta akan menjalani psikotes pada Senin (6/5/2013). Timsel bekerjasama dengan Himpunan Psikotes Indoneosessia (HIMPSI) Provinsi Sulut. Psikotes ini kemungkian besar akan dilakukan serempak bagi seluruh calon anggota KPU di lima daerah yang berada di Bolmong Raya.

Timsel akan memilih 10 calon Anggotta KPU Kotamobagu. Mereka yang masuk 10 besar tersebut adalah yang memiliki nilai tertinggi yang merupakan akumulasi dari sejumlah tes. Selain tes tertulis, kesehatan dan psikotes, para peserta juga akan mengikuti wawancara dengan Timsel.

Ketua Tim Seleksi Anggota KPU Kotamobagu, Wendy Kusumawati Paputungan SH menegaskan seluruh peserta mempunyai peluang yang sama untuk terpilih menjadi anggota KPU Kotamobagu. Untuk itu seluruh peserta dipersihlakan berusaha semaksimal mungkin karena pihaknya akan menjalankan tugas secara profesional.
Penulis: Kevrent_Sumurung
Editor: Rine_Araro
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
303594 articles 8 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas