• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 25 Oktober 2014
Tribun Manado

Tunggakan Tunjangan Guru Sertifikasi Belum Akan Terbayar

Senin, 29 April 2013 22:12 WITA


TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO -
Sekitar 4.500 guru sertifikasi di Minahasa dipastikan belum akan mendapatkan selisih satu bulan tunjangan sertifikasi yang belum terbayar.

Pemerintah pusat telah mengirimkan dana pembayaran tunjangan guru sertifikasi sebesar Rp 18 miliar. Jumlah ini dipastikan tidak mampu membayar tunjangan guru sertifikasi selama empat bulan karena hanya cukup untuk membayar tunjangan untuk tiga bulan. Saat ini semua guru sertifikasi di Minahasa sedang menunggu penyaluran tunjangan guru sertifikasi triwulan pertama 2013 dan tunggakan satu bulan pada 2012.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Dikpora) Minahasa, Jemmy Maramis saat diwawancarai Tribun Manado, Senin (29/4) menjelaskan, dana untuk membayar tunjangan guru sertifikasi telah masuk ke kas daerah dan sedang diproses untuk dicairkan.

"Dana sudah ada dan sedang dalam tahap proses pencairan. Mungkin dalam waktu dekat dana itu telah berpindah ke rekening tabungan masing-masing guru," ujarnya.

Ditanya tunggakan tunjangan guru sertifikasi yang belum terbayar, Maramis menjelaskan, pihaknya tidak bisa melakukan apa-apa untuk menutupi tunggakan pembayaran tunjangan guru sertifikasi. Menurutnya pembayaran tunjangan guru sertifikasi sepenuhnya menggunakan dana dari APBN.

"Kami tidak bisa melakukan apa-apa karena hanya bergantung pada dana dari pemerintah pusat. Pembayaran tunjangan guru sertifikasi dilakukan berdasarkan dana yang ada," ujarnya.

Setiap triwulan dibutuhkan dana sekitar Rp 18 miliar untuk membayar tunjangan untuk sekitar 2.500 guru sertifikasi di Minahasa. Untuk bisa menutupi tunggakan satu bulan dibutuhkan tambahan dana sekitar Rp 4 miliar.

Syeni, seorang guru sertifikasi di Minahasa mengatakan dia dan rekan-rekannya menantikan penyaluran tunjangan guru sertifikasi. Menurutnya, seharusnya tunjangan tersebut disalurkan Maret, namun sampai akhir April belum ada kabar kapan tunjangan tersebut akan disalurkan.

"Sekali lagi kami dibuat menunggu penyaluran tunjangan guru sertifikasi yang selalu terlambat dibayarkan. Sekarang sudah terlambat satu bulan dan belum ada tanda-tanda kapan tunjangan kami akan disalurkan," ujarnya.

Dirinya menjelaskan, mereka memang berharap selisih satu bulan tunjangan yang belum terbayar bisa dilunasi. Namun kalaupun harapan tersebut tidak bisa terpenuhi Syeni mengatakan pembayaran tunjangan guru sertifikasi triwulan pertama 2013 yang dilakukan secepatnya bisa mengobati kekecewaan mereka. (luc)
Editor: Andrew_Pattymahu
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
297744 articles 8 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas