• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 20 September 2014
Tribun Manado

Debat Kandidat Kepala Daerah Bolmut, Farid 'Bertarung' Sendiri

Minggu, 28 April 2013 22:45 WITA

Laporan Wartawan Tribun Manado Edi Sukasah

TRIBUNMANADO.CO.ID, BOROKO -
Calon Wakil Bupati Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Farid Lauma 'bertarung' sendirian pada debat kandidat yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bolmut, Minggu (28/4/2013). Hamdan Datunsolang yang menjadi pasangan Farid pada Pemilukada Bolmut 2013-2018 tak hadir pada acara yang dihelat di Aula DPRD Bolmut.

Tiga pasang calon kepala daerah lainya tampil utuh pada siang itu. Pasangan nomor urut satu Depri Pontoh dan Suriansyah Korompot kompak memakai batik berwarna hijau dan abu-abu. Calon Bupati nomor urut dua Hamka, memakai kemeja warna putih. Sementara pasanganya, Felix Adi Mande juga memakai kemeja. Namun, kemeja Felix berwarna hitam.

Pasangan nomor urut tiga, Karel Bangko dan Mohammad Irianto Cristofel Buhang memakai kemeja sesuai dengan partai pengusungnya. Karel yang berasal dari Partai Golkar memakai kemeja kuning dan Christofel memakai kemeja kotak-kotak merah. Adapun Farid Lauma, yang tampil sendirian memakai setelan kemeja lengkap.

Kemana Hamdan Datunsolang? Farid Lauma mengatakan Calon Bupati yang diusung oleh Partai Amanat Nasional (PAN) tersebut sedang sakit. "Mohon maaf pak Bupati tidak sempat hadir karena kesehatan terganggu," ujar Farid saat acara debat kandidat yang dihadiri oleh ribuan warga ini.

Seorang warga asal Kecamatan Kaidipang Bony Tumbuan mengatakan, dirinya sangat mengharapkan kehadiran semua kandidat. "Masyarakat sangat mengharapkan debat untuk mengetahui persis jawaban para kandidat yang disampaikan oleh para panelis, agar diketahui persis apa tujuan dan niat yang tulus dari setiap kandidat," ujar Bony.

Debat yang dipandu oleh IN Sumajow ini dibuka dengan penyampaian visi dan misi dari empat pasangan calon. Setiap pasang calon diberi kesempatan selama lima menit untuk memaparkan rencana lima tahun ke depan jiak terpilih sebagai kepala daerah Bolmut. Pasangan Depri- Suriansyah mengedepankan jargon jujur, adil dan sejahtera (Juara).

Sedangkan pasangan Hamka-Felix menyampaikan visi membangun Bolmut dengan jujur, adil dan amanah menuju masyarakat aman dan sejahtera. Pasang nomor urut tiga, Karel-Christofel, berjanji mewujudkan Bolmut menjadi sebuah rumah besar yang nyaman untuk kesejahteraan masyarakat. Terakhir, Farid mengatakan pasangannya menjadikan kabupaten padi inovatif.

KPU Bolmut menyiapkan empat panelis pada debat tersebut. Mereka adalah DR Ir Adrian P Pangimanan MS, DR Dona Setiabudi SH MA, Drs Rembung MSi, Prof DR, Ir Winda Wingkat MSi, DR Sanbenuang Mangkapedua MpdI. Mereka juga melontarkan pertanyaan kepada para kandidat.

Ketua KPU Bolmut MA Pandialang, mengatakan debat kandidat bukan untuk menguji pasangan calon, tetapi sebagian dari bentuk kampanye sehingga pihaknya wajib untuk melaksanannya. "Saya mengharapkan kandidat, maupun pendukung dapat mengikuti secara seksama dan menjujung tinggi norma-norma aturan yang berlaku," kata  Pandialang pada sambutanya.

Dia juga menekankan kepada para pendukung dapat mendukung secara positif, menjaga rasa sehingga tidak terjadi ketersinggungan yang berakhir pada gesekan. "Jangan sampai mengganggu jalanya setiap tahapan yang sedang dilaksanakan," ujar Pandialang.

Kepada aparat keamanan, Pandialang  minta untuk menindak tegas bagi siapapun yang  mengganggu jalanya acara ini. Pada acara ini dihadiri pula Komisioner KPU Provinsi Sulut, Abdul Rivai Poli, Kapolres Bolmong AKBP Hisar Siallagan, Dandim 1303 Bolmong Letkol Inf Mudjiharti dan Panwaslu.
Penulis: Edi_Sukasah
Editor: Andrew_Pattymahu
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
296703 articles 8 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas