Selasa, 25 November 2014
Tribun Manado

Evaluasi Kekacauan UN, Komisi X Panggil Mendikbud

Jumat, 26 April 2013 16:49 WITA

TRIBUNMANADO.CO.ID, JAKARTA - Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat memanggil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhammad Nuh pada Jumat (26/4/2013) siang ini. Pemanggilan ini untuk mendengar penjelasan Mendikbud terkait pelaksanaan Ujian Nasional (UN) yang sempat ditunda di 11 provinsi. Demikian disampaikan Ketua Komisi X Agus Hermanto, di Kompleks Parlemen, Jumat (26/4/2013).

"Kami akan melaksanakan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Mendikbud, khususnya soal UN, di mana UN yang dilakukan untuk SLTA ada kendala teknis," ujar Agus.

Agus mengatakan rapat akan dilaksanakan secara terbuka sehingga publik bisa mendengar langsung penjelasan dari Mendikbud tentang kekacauan pelaksanaan UN ini.

"Kami akan mendengarkan terlebih dulu evaluasi dari Mendikbud kenapa persoalan itu bisa terjadi dan apa kendalanya," kata politisi Partai Demokrat ini.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengumumkan penundaan jadwal ujian nasional (UN) 2013 mata pelajaran Bahasa Indonesia pada jenjang SMA/MA/SMALB/SMK dan Paket C di 11 provinsi. Provinsi yang mengalami pergeseran jadwal UN tersebut adalah Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Jumlah siswa di 11 provinsi tersebut sebanyak 1,1 juta di 3.601 SMA/MA dan 1.508 SMK.

Mendikbud mengemukakan, untuk mencetak materi UN kali ini, Kemdikbud menunjuk 6 percetakan. Dari keenam percetakan itu, lima di antaranya sudah siap, sedangkan satu percetakan, yaitu PT Ghalia Printing Indonesia yang tugasnya menyebarkan soal ke Indonesia tengah sedang berusaha sekuat tenaga. Kemdikbud sudah bekerja hingga dini hari untuk membantu percetakan tersebut.

Namun, upaya tersebut masih belum berhasil sehingga diputuskan pelaksanaan UN di 11 provinsi baru bisa dilaksanakan pada 18 April mendatang.
Editor: Rine_Araro
Sumber: Kompas.com

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas