Jumat, 28 November 2014
Tribun Manado

Ini Target Peraihan Kursi Parpol di Bitung

Kamis, 25 April 2013 17:54 WITA

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG – Sejumlah partai politik (parpol) kontestan pemilu 2014 mendatang memilik target perolehan kursi di masing-masing daerah pemilihan (dapil). Di mulai dari dapil 1 Kecamatan Matuari, Girian dan Ranowulu, Dapil 2 Aertembaga, Lembeh Utara dan Lembeh Selatan dan Dapil 3 Kecamatan Madidir dan Maesa. Sejumlah parpol yang kini memiliki kursi  di DPRD Kota Bitung tak tanggung-tanggung menargetkan memperoleh kuri lebih banyak dari yang telah ada saat ini.
 
“Kalau kami target 8 kursi untuk pemilihan legislatif mendatang dari 4 kursi yang ada saat ini di DPRD Bitung,” Ir Maurits Mantiri ketua DPC PDI Perjuangan Bitung kepada Tribun Manado, Kamis (25/4/2013). Menurutnya target pencapaian 8 kuris pada pileg mendatang berdasarka tiga pertimbangan matang dari DPC PDI Perjuangan, kader, simpatisan dan semua yang ingin membersarkan partai yang diketuai oleh Ibu Megawati Soekarno Putri. “Pertama target tersebut karena peningkatna kursi di DPRD nanti dari 25 menjadi 30, kedua kualitas dan kapasitas caleg PDI Perjuangan sudah mumpuni dan efek Nasionalis dari kader PDI Perjuangan yang cukup bauk kinerjanya kepada rakyat,” tuturnya.
 
Lanjutnya 8 kursi yang bakal direbut PDI Perjuangan hampir merata di tiga dapil yang ada di Kota Bitung dimana di dapil 1 akan ditargetkan 3 kursi dapil 2 3 kursi dan dapil 3 2 kursi. “Ini tidak muluk-muluk melainkan kami realistis,” tandasnya. Sementara itu DPC Partai Golkar kota Bitung tidak mau sesumbar mengenai target kursi yang bakal raih pada pileg mendatang. “Sekarang kami ada 3 kursi mengenai target kami akan berusaha lebih dari itu, untuk itulah kami akan bekerja keras dan terserah pada Tuhan akan memberikan kami berapa kuris nanti,” kata Beby Palar ketua DPC Partai Golkar.
 
Dikubu Hanura sendiri menurut Stephanus Tumembouw ketua Badan pemenangan pemilu (bapilu) partai Nahura kota Bitung tak muluk-muluk menargetkan 11 kursi di DPRD kota Bitung pada pileg mendatang. “Saat ini di DPRD Bitung ada satu kursi yang dipegang oleh ketua DPC Harnura Bitung Ibu Vonny O Sigar,” kata Tumembouw. Untuk itulah  dalam mengincar 11 kursi tersebut pihaknya akan menargetkan minimal melainkan target maksimal. “Kalau hanya target minimal tidak ada gunanya,” tandasnya.
 
Lain halnya dengan target kursi dari PAN sejumlah  6 kursi yang akan diraih dari 3 kursi yang ada saat ini di DPRD Bitung. “Setia dapil kami targetkan peroleh dua kursi,” kata Ranang Ranti Ketua Komite Pemenangan Pemilu daerah (KPPD) PAN Kota Bitung. Lanjutnya target tersebut sangat berpeluang diperoleh karena ada sejumlah parpol yang partainya tidak lolos memilih bergabung dengan PAN. “Seperti pak Lukman Djafar dari PBR yang saat ini sudah mendafkat caleg dari PAN,” tandasnya.  PKB sendiri saat ini sama sekali tidak memiliki keterwakilan di DPRD Bitung, untuk itulah pada pileg mendatang mereka memiliki target 5 kursi.
 
“Target kursi PKB 5 kursi dapil 1 2, dapil 2 1 dapil 3 2 kursi,” kata Andi Yunus sekretaris PKB Bitung. Target ini dia yakini bisa diraih karena semua caleh yang tersebar di tiga dapil berpualang. “Kami juga bekerja dan digerakan oleh mesin partai melalui tokoh partai kader dan lainnya,” pungkasnya. Partai lainnya, dari informasi yang dihimpun Tirbun Manado melalui ketua-ketua partai dari media center memiliki target yang tidak jauh berbeda dengan partai-partai yang ada di Kota Bitung. PKP Indonesia 15 kursi diperoleh dari dapil 1 5 kursi, dapil 2 2 4 kursi dan dapil 3 6 kursi. Gerindra 6 kursi yang ditargetkan dimana masing-masing dapil dua kursi. PPP target tiga kursi dari satu kursi yang saat ini ada di DPRD Bitung.

Target dan Kepemilikan Kursi
 
PDI Perjuangan Target 8 Kursi, Dapil 1 3 kursi, Dapil 2 3 kursi, Dapil 3 2 kursi (jumlah kursi saat ini 4)
Hanura Target 11 Kursi, Dapil 1 5 kursi, Dapil 2 3 kursi dan dapil 3 5 kursiu (jumlah kursi saat ini 1)
Gerindra Target 6 kursi Dapil 1 hingga 3 masing-masing 2 kursi (jumlah kursi saat ini 1)
PPP target 3 kursi masing-masing dapil satu kursi (jumlah kursi saat ini 1)
PAN Target 6 kursi setiap dapil dua kursi yang bakal diraih (jumlah kursi saat ini 3)
PKB Target 5 kursi dari dapil 1 2 kursi dapil 21 1 kursi dan dapil 3 2 kursi (belum ada kursi saat ini di DPRD Bitung)
PKP Indonesia target 15 kursi dari dapil 1 5 kursim, dapil 2 4 kursi dan dapil 3 6 kursi (jumlah kursi saat ini 8 kursi)
 
*) Dapil 1 Kecamatan Girian, Matuari dan Ranowulu jatah kursi 12, Dapil 2 Kecamatan Aertembaga, Lembeh Utara dan Lembeh Selatan jatah 11 kuris dan dapil 3 Kecamatan Madidir dan Maesa jatah 7 kursi
 
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Robertus_Rimawan

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas