Erna Ingin Desa Botutonuo Dilengkapi Drainase Pemukiman

Pembangunan jalan lingkungan di Desa Botutonuo belum dilengkapi infrastuktur saluran air.

Laporan wartawan Tribun Gorontalo Budi Susilo

TRIBUNMANADO.CO.ID, GORONTALO – Pembangunan jalan lingkungan di Desa Botutonuo belum dilengkapi infrastuktur saluran air. Akibatnya ketika hujan turun mengguyur desa tersebut, air akan menggenangi beberapa rumah warga.

Satu di antara warga yang kena korban banjir genangan air hujan, Erna Usman (63) mengatakan, setiap hujan deras Desa Botutonuo sering mendapat limpahan kiriman air hujan dari perbukitan.

“Rumah saya kebanjiran. Dapat kiriman dari bukti sana. Air mengalir dari atas berhenti disini,” ungkapnya kepada Tribun Gorontalo, Kamis (25/4/2013).

Perempuan yang setiap harinya berjualan di toko klontong ini harus bersusah payah ketika hujan turun deras dengan durasi lama. Ia merasa repot, air menggenangi pekarangan rumahnya. “Kalau memang hujan besar bisa banjir masuk ke rumah,” tutur Erna.

Karena itu, ia berharap, pemerintah daerah mampu memberikan fasiltas aliran air di lingkungan pemukiman warga Desa Botutonuo. Agar saat hujan lebat tidak mengalami banjir. “Aliran airnya jadi jelas. Tidak menggenang disini,” tegas Erna.

Pengamatan tribungorontalo, fasiltas saluran air pemukiman warga belum ada. Hanya saja, baru ada tahapan pengaspalan jalan lingkungan menuju perkampungan yang ada di Desa Botutonuo.

“Saya senang ada perbaikan pengaspalan jalan. Dulu masih tanah berbatu, sulit warga kalau mau melewati jalan disini,” ungkap Erna.

Ditemui, Kepala Mandor Proyek Jalan, Ance mengungkapkan, penggarapan proyek baru tahapan pengaspalan jalan lingkungan yang ditempati sebanyak 126 kepala keluarga.

“Kami belum dapat proyek dari pemerintah soal pembuatan saluran air. Sekarang saya masih diberitanggunjawab buat jalan aspal saja,” katanya.

Pelaksanaan jalan aspal di lingkungan tersebut adalah sepanjang 780 meter. Sementara lebar jalan tersebut adalah tiga meter dengan bahan material bebatuan krikil dan aspal hitam. 

Editor: Robertus_Rimawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved