Rabu, 26 November 2014
Tribun Manado

BP3AKB Mitra Gelar Rakerda Program Kependudukan dan KB

Rabu, 24 April 2013 00:46 WITA

Laporan wartawan Tribun Manado Pengasihan Susanto Amisan

TRIBUNMANADO.CO.ID, RATAHAN
- Guna menyamakan visi serta persepsi tentang program kependudukan dan keluarga berencana (KB) dilakukan rapat kerja. Rapat dilaksanakan oleh Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), Badan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (BP3AKB) Mitra, Selasa (23/4/2013). Rapat kerja daerah (Rakerda) digelar  bersama seluruh stakeholder terkait seperti pemberdayaan perempuan, perlindungan anak dan KB.

Kegiatan dengan tema "Dengan Komitmen Bersama Kita Percepat Pembangunan Kependudukan dan Keluarga Berencana Menuju Pencapaian MDG's 2015 itu, digelar di Wale Wulan Lumintang, Ratahan. Juga ikut dirangkaikan dengan acara pelantikan koalisi kependudukan, yang merupakan gabungan dari unsur pemerintah, akademisi, tokoh masyarakat, tokoh agama, pers dan LSM.

Dalam laporannya selaku penyelenggara, kaban KP3AKB Mitra, dr Tommy Soleman, MKes, mengatakan bahwa rangkaian acara tersebut diawali dengan pengukuhan pengurus koalisi kependudukan daerah Kabupaten Mitra, periode 2013-2016, yang diketuai oleh B A Tinungki. Selanjutnya ada penyajian materi, yakni Peran keluarga dalam pencapauian Millenium Development Goals, serta Akselerasi pembangunan PK3, 2013-2015.

Selain menggelar pelantikan, pada acara itu juga ikut dilakukan penyerahan alat pengolahan data dan pengiriman laporan dengan sistim informasi managemen informasi tehnologi bagi PLKB, kemudian, penyerahan alat Publik Adress, bantuan implan kit untuk PKM Tambelang, Bantuan IUD KIT untuk  PKM Silian Raya

Turut diundang dalam kegiatan itu, Komisi C DPRD Mitra, SKPD, para Camat dan TP-PKK kecamatan, Kepala Puskes, PPKBD, Organisasi profesi/kemasy/LSM, Pengurus koalisi kependudukan Mitra. Selain itu hadir pula Kapala Perwakilan BKKBN Provinsi Sulut, Temazaro Zega, M.Kes, Koalisi Kependudukan Sulut diwakili Nico Tambajong, Pejabat pembak Mitra, BKKBN Prov Sulut SKM, TP-PKK Mitra, DWP Mitra.

Sementara itu, Bupati Telly Tjanggulung dalam yang dibacakan oleh sekda, B A Tinungki, menyampaikan ungkapan terima kasih dan penghargaan kepada warga sekalian yang telah memberikan kontribusi yang cukup besar dalam mengendalikan penduduk. Hal ini tercermin dari pencapaian peserta KB di masing-masing wilayah.

Namun demikian kata bupati, tolok ukur keberhasilan KB dalam menurunkan angka kelahiran tidak cukup diukur dari pencapaian peserta KB baru tersebut, melainkan yang lebih penting adalah bagaimana peserta KB tersebut tetap dipertahankan kesertaannya dalam ber-KB, sehingga membri kontribusi terhadap penurunan TFR.
Penulis: Susanto_Amisan
Editor: Robertus_Rimawan

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas