• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 1 Oktober 2014
Tribun Manado

Reevy Lengkong Siap Mundur dari DPRD Boltim

Senin, 8 April 2013 22:30 WITA

Laporan Wartawan Tribun Manado Aldi Ponge

TRIBUNMANADO.CO.ID, TUTUYAN
-Politisi Partai Damai Sejaterah (PDS), Reevy Lengkong menyatakan kesiapannya mundur dari keanggotaan Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim).

Hal ini diungkapkan Reevy kepada Tribun Manado, pada Senin (8/4). Pasalnya, pengunduran dirinya tersebut sebagai bentuk ketaatannya terhadap aturan yang mengharuskan semua anggota legislatif yang partainya tidak lolos verifikasi menjadi peserta pemilihan Umum (Pemilu) 2014.

"Jika aturan KPU mengatakan bahwa semua anggota dewan yang partainya tidak lolos lalu mencalonkan ke partai lain harus mengundurkan diri maka saya siap mundur," ujar Reevy.

Namun dirinya masih harus menunggu petunjuk Partainya. Selain itu pengunduran dirinya akan dilakukan saat proses tahapan pendaftaran di KPU sudah mulai pada tahap penetapan Daftar Calon Sementara (DCS). "Pokoknya tunggu tanggal mainnya. Pasti saya siap mematuhi aturan dan persayartan KPU dalam pencalonan nanti," jelasnya.

Dia mengungkapkan setelah partainya dinyatakan tidak lolos maka dirinya memilih partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) sebagai kendaraan politik saat akan mencalonkan diri kembali sebagai anggota DPRD Boltim pada Pemilu 2014 nanti.

"Sejauh ini Partai kami memberi kebebasan bagi kadernya untuk bergabung dengan partai manapun," katanya.

Sebelumnya,  Personil KPU Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Karyanto Martham dalam sosialisasi peraturan KPU nomor 7 tahun 2013 tentang pendaftaran calon anggota Dewan perwakilan rakyat (DPR) mengatakan kader partai yang tidak lolos lantas mencalonkan diri kembali melalui partai lain wajib mengundurkan diri. "Setidaknya ada surat dari pimpinan dewan bahwa proses PAW (Pergantian Antar Waktu-nya) sementara jalan," sebut pelaksana tugas anggota KPUD Boltim ini.

Namun dia menambahkan bagi partai yang telah melebur ke partai lain diharapkan memasukkan berkas dari kementerian kehakiman dan Hak Asasui Manusia terkait peleburan partai tersebut. "Pasti ada berkas tersebut di Kemenkum HAM, kalau benar sudah dilebutkan," katanya sembaro menambahkan surat pengunduran diri tersebut tidak dapat dicabut. "Hal yang sama berlaku kepada Pegawai Negeri Sipil, anggota Polri, anggota TNI dan Sangadi yang mencalonkan diri, tak bisa menarik lagi pengunduran dirinya," tambahnya. (Ald)
Penulis: Aldi_Ponge
Editor: Andrew_Pattymahu
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
277253 articles 8 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas