Selasa, 25 November 2014
Tribun Manado

Bawaslu Sulut Ceramahi Lurah dan Hukum Tua se-Kabupaten Mitra

Rabu, 3 April 2013 22:34 WITA

Laporan wartawan Tribun Manado Susanto Amisan
 
TRIBUNMANADO.CO.ID, RATAHAN –
Guna menyamakan persepsi tentang peran aparatur Negara, dalam pengawasan terhadap pelaksanaan pemilihan umum kepala daerah dan wakil kepala daerah (Pemilukada), yang nantinya akan di gelar di kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) 13 Juni 2013 mendatang, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Mitra, Rabu (3/4) menggelar sosialisasi peran pengawasan pemilukada kepada ratusan Hukum Tua dan Lurah se-Mitra.
 
Kegiatan yang dilaksanakan di Balai Lingkungan III, Kelurahan Wawawali Pasan, Kecamatan Ratahan itu, tak tanggung-tanggung ikut menghadirkan ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Sulut, Herwyn Malonda bersama anggota Bawaslu Sulut lainnya, Rudy Suak, selaku pemateri dalam sosialisasi tersebut.
 
Dalam pemaparannya, Malonda dan Suak sama-sama memberi penekanan terhadap metode dan teknis pengawasan, serta sanksi hukum terhadap pelanggaran Pemilukada. “Yang perlu ditekankan disini bahwa, Lurah dan Hukum Tua atau Kepala Desa, pada dasarnya merupakan aparatur Negara, jadi sangat dilarang untuk terlibat dalam politik praktis, baik secara aktif maupun pasif,” paparnya.
 
Sementara itu, Ketua Panwaslu Kabupaten Mitra, Jouby Longkutoy kepada sejumlah wartawan mengatakan, bahwa sosialisasi yang mereka gelar itu memang patut dan mendesak untuk dilaksanakan. Sebab para Hukum Tua dan Lurah ini, nantinya akan menjadi mitra kerja para panitia pengawas kecamatan (Panwascam) dalam pengawasan Pemilukada. “Kegiatan ini sangat penting dalam upaya memberikan pemahaman jelas dan sistematis terkait posisi dan peran pengawasan para aparatur pemerintah desa dan kelurahan di lapangan,” jelasnya.
 
Mengenai stabilitas pelaksanaan Pemilukada, Panwaslu Mitra ikut menghimbau para perangkat pemerintahan desa dan kelurahan untuk sama-sama membantu menciptakan suasana aman dan damai, mulai dari tahapan pencalonan hingga hari-H nanti. “Kami berharap semua dapat bekerjasama dan menunjang, sehingga pesta demokrasi didaerah kita ini boleh berjalan dengan baik dan aman,” imbau Longkutoy
 
Sementara itu, terkait tugas dan peran panwascam nanti, Longkutoy kembali kembali mengingatkan para personil Panwascam, agar dapat melakukan kinerja yang maksimal dikapangan, terkait dengan tupoksi yakni sebagai fungsi pengawasan. “Karena waktu tinggal sedikit, jadi diminyakan panwascam unyuk dapat melaksanakan yugas dengan sebaik-baiknya. Terutama memberikan laporan terkait dengan perkembangan jalannya tahapan pemilukada ini,” pesannya.
Penulis: Susanto_Amisan
Editor: Rine_Araro

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas