Kamis, 27 November 2014
Tribun Manado

Keluarga Menganggap Juan Manbait Masih Polisi Aktif

Kamis, 28 Maret 2013 19:29 WITA

TRIBUNMANADO.CO.ID, KEFAMENANU - Keluarga mendiang Yohanes Juan Manbait, seorang korban penembakan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Cebongan, Sleman, membantah pernyataan Kepolisian RI yang menyebut bahwa Juan sudah dipecat dari kesatuannya.

Hal itu dinyatakan kakak Juan, Victor Manbait, yang ditemui Kompas.com di kediamannya, Kamis (28/3/2013). Menurut Victor, sampai adiknya ditangkap, statusnya masih anggota aktif kepolisian.

"Sampai detik ini tidak ada satu surat pun yang menunjukkan kalau adik saya ini telah dipecat dari kepolisian. Buktinya bulan terakhir ini Juan masih terima gaji. Kalau Juan masih terima gaji, gajinya siapa yang bayar? Yang jelas polisi dong yang bayar. Kalau polisi yang bayar berarti Juan masih anggota polisi yang aktif kan?" kata Victor panjang lebar.

Victor juga menyesalkan sikap kepolisian yang tidak menghargai anggotanya sendiri. "Sampai dengan meninggalnya Juan, tidak ada satu salam pun dari institusi kepolisian terhadap adik saya. Juan dengan berbagai kekurangannya, telah memberikan pengabdian kepada negara melalui institusi kepolisian. Saat Juan bertugas sebanyak tiga kali di Aceh dan negara mengakui tugasnya itu dengan memberikan kenaikan pangkat satu periode lebih cepat dari Briptu ke Bripka,"kata Viktor

"Negara juga memberikan penghargaan kepada Juan dengan memberikan tiga Satya Lencana, tetapi ketika Juan meninggal, tidak ada satu pun dari institusi kepolisian secara resmi yang menyatakan sesuatu tentang adik saya ini. Kita tidak menuntut sesuatu dari itu, tetapi kalau perlakuan negara terhadap para abdi negara seperti ini, apa yang kita harapkan dari negara ini," beber Viktor.

Diberitakan sebelumnya, Kepolisian RI menegaskan, Yohanes Juan Manbait bukan lagi anggota kepolisian. Dia telah dipecat dari Polresta Yogyakarta. "Dia (Juan) sudah dipecat karena kasus narkoba," ujar Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Suhardi Alius, Minggu (24/3/2013).

Juan telah menjalani sidang etik dan akhirnya diberhentikan. Namun, Suhardi tidak menjelaskan kapan Juan dipecat dari kesatuannya.
Editor: Robertus_Rimawan
Sumber: Kompas.com

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas