• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 26 Oktober 2014
Tribun Manado

Harga Bawang Putih d Pasar Sukur Rp 70 ribu per Kilogram

Jumat, 15 Maret 2013 22:57 WITA
Laporan Wartawan Tribun Manado Susanty Otodu

TRIBUNMANADO.CO.ID, AIRMADIDI
- Harga bawang putih tiba-tiba melambung tinggi. Tidak sampai sepekan harganya naik hingga lebih dari dua kali lipat. Untuk penjualan terakhir di Pasar Sukur harganya mencapai Rp 70 ribu per kilogram.

Faisal Rahman pedagang rempah-rempah mengatakan pada Selasa (12/3) harga bawang putih masih dikisaran Rp 30 ribuan per kilogram. Kemudian pada hari pasar Kamis (14/2) harga menjadi Rp 50 ribu per kilogram. Dan pada Jumat (15/3) harga kembali naik menjadi Rp 70 ribu perkilogram.

"Harga rempah-rempah semuanya naik kecuali lemon. Tapi yang paling parah harga bawang putih. Untuk harga besok (hari ini) masih belum tahu apakah akan naik atau turun. Untuk kepastian harga biasanya diketahui besok pagi," kata Rahman pada Tribun Manado, Jumat (15/3).

Rahman sendiri mengaku kurang tahu persis penyebab terjadi kenaikan harga. Pasalnya pasokan dagangan bawang putih diambil di Manado dan hanya dipesan melalui telepon.

"Kalau penyebab kenaikan harga yang paling merasakan pemasok besar yang di Manado. Kalau kita memasok barang hanya melalui telepon, tinggal sebutkan jumlah pasokan, dan kita tinggal terima ditempat. Harga yang dijual tinggal disesuaikan dengan harga pasokan terbaru," tambahnya.

Menurut Rahman kenaikan harga biasanya disebabkan karena pasokan barang menurun. Dan penyebab pasokan menurun ada kemungkinan karena petani gagal panen atau ada penyebab lainnya. Namun Meski harga rempah-rempah mengalami kenaikan permintaan pasar tidak menurun.

"Langganan saya kebanyakan pemilik rumah makan, mereka sekali belanja belinya perkilo dan meski harga naik mereka tetap beli perkilo. Apakah berpengaruh pada kelesatan makanan atau harga makanan yang dijual saya kurang tahu," ujar Rahman.

Yang jelas selain bawang putih, kata Rahman harga rempah-rempah yang ikut melambung adalah bawang merah yang kini bermain dikisaran Rp 50 ribu per kilogram dari harga sebelumnya mencapai Rp 30 ribu per kilogram. Dan cabe rawit mencapai Rp 46 per kilogram dari harga sebelumnya hanya Rp 20 ribuan per kilogram.
Editor: Rine_Araro
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
256473 articles 8 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas