Jumat, 26 Desember 2014
Tribun Manado

Golkar Tomohon Optimis Raih Suara Terbanyak

Kamis, 14 Maret 2013 09:27 WITA

Laporan wartawan Tribun Manado Warstef Abisada

TRIBUNMANADO.CO.ID, TOMOHON
— Tak hanya PDI Perjuangan dan Gerindra saja yang optimis meraih dukungan penuh masyarakat pada pemilihan umum (Pemilu) 2014, setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon menetapkan 3 daerah pemilihan (dapil). Tapi, Partai Golkar yang kini dipimpin Milky Nitha Wenur sebagai Pelaksana tugas (Plt) Ketua, juga menyatakan hal yang sama.

“Prinsipnya untuk Golkar Tomohon, baik 3 dapil atau 4 dapil kami tetap siap dan optimis mendapatkan suara terbanyak, seperti saat pemilu legislatif 2009 lalu, dimana kami berhasil meraih kursi terbanyak di DPRD dengan 8 kursi,’ tegas Wenur, kepada Tribun Manado, kemarin.
Menurut Wenur, cukup beralasan jika Golkar Tomohon memasang target menang dan menjadi partai penguasa pada 2014 nanti, sebab perekrutan bakal calon legislatif selalu mempertimbangkan keterwakilan wilayah, dan potensi masing-masing calon untuk meraup suara terbanyak. “Mesin partai juga akan digerakkan hingga ke tingkat akar rumput, jadi tidak akan sulit menggalang dukungan, sebab seluruh kader tetap solid menatap pemilu kali ini,” tegasnya.

Apalagi kata Wenur, selama ini wakil rakyat dari Golkar yang duduk di DPRD sudah terbukti dan sangat konsisten menjalankan tugas untuk mengawal jalannya pemerintahan, menjalankan fungsi budjeting,  menyalurkan aspirasi, serta memperjuangkan kepentingan rakyat agar menjadi lebih sejahtera. “

Beldie Tombeg, Ketua KPU Kota Tomohon menegaskan pihaknya tetap akan konsisten menjalankan seluruh tahapan pemilu dengan jujur, adil, dan demokratis, agar pemilu nanti berjalan lancar. Sehingga diharapkan seluruh partai yang menjadi peserta pemilu, dapat mempersiapkan calon sesuai dengan ketentuan, terutama memperhatikan kuota keterwakilan perempuan sebanyak 30 persen dari tiap dapil. “Setiap dapil harus memenuhi kuota keterwakilan perempuan minimal 30, dan itu harus dimasukkan paling lambat tanggal 15 April 2013,” tegasnya.
 
Sesuai penetapan KPU RI berdasarkan Surat Keputusan Nomor 126/Kpts/KPU/Tahun 2013 lampiran II.71.73 tertanggal 9 Maret,  ditetapkan bahwa Tomohon dibagi dalam 3 dapil, yakni  dapil I terdiri dari Kecamatan Tomohon Timur, Tengah, dan Barat dengan 9 kursi, dan dapil II hanya Kecamatan Tomohon Utara saja dengan memperebutkan 6 kursi. Sedangkan dapil III yang meliputi wilayah Tomohon Selatan akan memperebutkan 5 kursi.

Pembagian Dapil Tomohon
 
Dapil               Wilayah                      Jumlah Kursi
 
I           Tomohon Timur, Tengah, dan Barat             9
II          Tomohon Utara                                   6
III         Tomohon Selatan                                5
Jumlah                                                                        20
 
Sumber : KPU Tomohon
Penulis: Warsteff_Abisada
Editor: Rine_Araro

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas