A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

Jadwal Pendaftaran Tiga Balon Pemilukada Kotamobagu - Tribun Manado
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 25 Juli 2014
Tribun Manado

Jadwal Pendaftaran Tiga Balon Pemilukada Kotamobagu

Senin, 11 Maret 2013 12:04 WITA
Laporan wartawan Tribun Manado Edi Sukasah

Jadwal Pendaftaran
Hari/Tanggal Pengusung Balon Pasangan
Kamis, 14 MaretDemokrat-BarnasMasih dirahasikan
PANTatong Bara-Jainuddin Damopolii
Jumat, 15 MaretPBB-Masih dirahasiakan
Golkar-PDIPDjelantik Mokodompit-Rustam Simbala
Sabtu, 16 MaretPKS-PKB-PPPMohammad Salim Landjar- ?
Pargab NonseatAR Mokoginta -?

TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU
- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kotamobagu terpaksa mengundi jadwal pendaftaran bakal pasangan calon bagi tiga pengusung. Undian dilakukan lantaran tiga calon pengusung memilih waktu yang sama, yakni Sabtu, 16 Maret 2013, untuk mendaftarkan bakal pasangan calonnya.

Tiga calon pengusung tersebut adalah koalisi Partai Demokrat dan Partai Barnas, koalisi Poros Kotamobagu (PKS, PKB dan PPP), dan gabungan partai nonseat yang terdiri 14 partai. Pengundian dilakukan saat rapat koordinasi antara KPUD Kotamobagu dengan partai-partai politik di ruang Media Center KPU Kotamobagu, Sabtu (9/3/2013).

Hasil pengundian, koalisi Partai Demokrat-Barnas mendapatkan waktu pada Kamis (13/3/2013) pagi. Poros Kotamobagu tetap pada hari Sabtu. Namun, koalisi partai berbasis Islam ini harus mendaftar pada pagi hari. Pada Sabtu sore, giliran partai gabungan (Pargab) nonseat. Gabungan partai yang tak memiliki kursi ini harus datang pukul 16.00 Wita.

Selain tiga calon pengusung tersebut, KPUD Kotamobagu juga menetapkan jadwal bagi partai politik lainya. Partai Amanat Nasional (PAN) mendapatkan jadwal sesuai dengan rencana awal mereka. Partai berlambang sinar matahari ini memperoleh jadwal 14 Maret pukul 11.00 wita untuk mendaftarkan Tatong Bara-Jainuddin Damopolii.

Adapun Partai Golkar yang berkoalisi dengan PDIP akan mendaftarkan pasangan Djelantik Mokodompit-Rustam Simbala pada 15 Maret pada pukul 14.00 Wita. Sementara PBB yang juga berencana mengusung pasangan calon sendiri mendapat jadwal pada tanggal 15 Maret pada pagi hari.

Dengan pembagian jadwal tersebut, dapat dipastikan konsentrasi pendaftaran hanya di tiga hari terakhir, yakni 14-16 Maret. Diketahui, KPUD Kotamobagu telah menetapkan jadwal pendaftaran bakal pasangan calon selama tujuh hari. Masa pendaftaran mulai berlangsung tanggal 10 Maret dan akan berakhir pada 16 Maret.

Pada rapat koordinasi tersebut, Ketua KPUD Kotamobagu Nayodo Kurniawan menegaskan tidak ada konvoi berlebihan. "Dari sekretariat langsung datang ke sekretariat pendaftaran di KPU, setelah itu pulang ke tempat masing-masing," kata Nayodo menegaskan.

Namun demikian, KPUD Kotamobagu juga memberikan kesempatan kepada bakal pasangan calon dan tim pengusung untuk melakukan beragam kegiatan pada saat pendaftaran. Hanya saja, KPU menetapkan kegiatan tersebut di sekretariat lembaga penyelenggara pemilu itu. Masing kubu bakal pasangan calon dipersilakan menyiapka atraksinya masing-masing.

Selain KPUD Kotamobagu dan perwakilan partai-partai politik, pada rapat koordinasi tersebut hadir juga satu di antara tiga pimpinan Pengawas Pemilihan Umum Kepala Daerah (Panwaslukada) Shakespeare Makalunsenge. Dia mengharapkan semua partai dan pasangan calonnya mematuhi aturan yang berlaku.

"Kami akan mengawasi tanpa pandang bulu. Panwas melakukan hal tersebut berdasarkan aturan bukan karena interest apa pun. Laksanakan pemilukada sesuai dengan ketentuan yang berlaku," kata Shakespeare.

Pada kesempatan itu, KPUD Kotamobagu juga menyerahkan Daftar Pemilih Sementara (DPS) kepada para partai politik. Pihak KPUD mengharapkan, partai politik juga turut mengawasi pemutakhiran data pada DPS yang nantinya akn menjadi Daftar Pemilih Tetap (DPT).
Penulis: Edi_Sukasah
Editor: Robertus_Rimawan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas