• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Tribun Manado

Ruas Jalan Touluaan - Touluaan Selatan Tertimbun Longsor

Jumat, 22 Februari 2013 20:36 WITA
Laporan Wartawan Tribun Manado Pengasihan Susanto Amisan
 
TRIBUNMANADO.CO.ID, RATAHAN
- Hujan deras yang terus mengguyur wilayah Kecamatan Touluaan dan Kecamatan Touluaan Selatan, Kabupaten Minahasa Tenggara, sepanjang Kamis (21/2) kemarin, mengakibatkan sebuah tebing yang berada di sekitar Desa Kalait, longsor, sehingga menutup ruas jalan yang menjadi akses utama penghubung kedua kecamatan.
 
Peristiwa itu, menurut Hukum Tua Desa Kalait, Fraky Lendo terjadi Kamis malam. Longsoran tersebut kata Lendo, awalnya berskala kecil, namun karena hujan terus mengguyur, longsoran pun makin besar dan akhirnya menutupi semua badan jalan tersebut. “Dari pantauan di lapangan, longsor terjadi di beberapa titik, sehingga perlu penanganan dari instansi terkait. Kami pun sudah melaporkan hal itu ke Pak Sekda dan Ibu Bupati,” ujarnya.
 
Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Mitra, Welly Munaiseche ketika dikonfirmasi melalui, Kepala Seksi Penanganan Dampak Bencana, Erick Manaroinsong, mengatakan bahwa pihaknya telah menerima laporan dan telah meninjau lokasi. “Semalam kami sudah tinjau lokasi, namun karena kondisinya tak memungkinkan, kami baru mulai membersihkannya tadi pagi-pagi bersama Dinas PU,” jelasnya.
 
Berdasarkan informasi terbaru dari pihak BPBD, bahwa dengan bantuan alat berat milik Dinas PU, sejumlah titik longsor yang ada di ruas jalan tersebut telah berhasil dibersihkan, sehingga jalan tersebut sudah bisa digunakan. “Berkat bantuan berbagai pihak, termasuk dari Polsek Urban Ratahan dan Polsek Touluaan serta masyarakat sekitar, siang tadi longsoran besar itu sudah berhasil dibersihkan,” ujar sumber di BPBD.
 
Mewakili warga lainnya, Karter Suoth, satu diantara warga Kecamatan Touluaan Selatan, kepada sejumlah wartawan mengungkapkan terima kasihnya atas respon cepat pemerintah, sehingga ruas jalan yang menjadi akses utama warga Touluaan Selatan dapat kembali dilalui warga. "Terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten mitra yang bergerak cepat mengatasi longsor tersebut. Sebab jika hingga siang ini longsor tersebut tak teratasi kami tak dapat melalui jalan satu-satunya keluar dari kecamatan Touluuan Selatan itu,” ungkapnya.
Penulis: Susanto_Amisan
Editor: Rine_Araro
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas