• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 19 September 2014
Tribun Manado

Kata Umat Katolik Mengenai Pengunduran Diri Paus

Rabu, 13 Februari 2013 09:36 WITA


Laporan Wartawan Tribun Manado Chiristian Wayongkere

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG
- Kabar rencana pengunduran diri Paus Benedictus XIV yang disampaikan juru bicaranya, mendatangkan tanggapan dari sejumlah umat Katolik yang ada di Kota Bitung. Menurut Yunisye Marietha warga Kelurahan Girian Weru 2 dirinya belum bisamemberi tanggapan lebih mengenai kabar tersebut.

"Belum tau kejelasannya, belum ada pengumuman resmi," kaya Marietha saat diwawancara Tribun Manado, Selasa (12/2).

Menurutnya kabar jika telah resmi keluar dari Vatikan baru dianggap resmi, yang selanjutnya akan ditindak lanjuti oleh seluruh umat Katolik diseluruh dunia.

"Kalau sudah pasti, akan diberitau disemua Gereja-gereja Katolik," tambahnya. Lanjutnya, kabar tersebut diperolehnya dari Broadcast Mesengger Blackberry pada Senin malam kemarin. "Nanti keesokan harinya baru liat langsung dimedia cetak dan elektronik," tandasnya.

Terpisah menurut Nilam Kabuhung satu diantara umat Katolik St Paroki Stella Maris Bitung berita mengenai pengunduran diri Paus Bendictus XIV pada tanggal 28 Februari 2013 mendatang, sudah diketahuinya beberapa saat setelah kabar bermunculan dimedia on line. "Keesokannya harinya saya menonton di TV berita tentang pengunduran diri Paus," kata Nilam.

Menurutnya dalam pemilihan Paus akan diputuskan saat ada  asap yang keluar dari Basilika Santo Petrus. "Jadi pemilihan Paus ini seperti kisah Kain dan Habel sebagaimana yang tercantum dalam kitab suci dimana kedua membakar buah sulung yang akan dipersembahkan," tuturnya.

Lanjutnya setalah membaca dan melihat ditayangan TV diketahui alasan kenapa Paus mengeluarkan pernyataan akan mengundurkan diri melalui pernyataan yang sampaikan juru bicaranya.

"Dari berita yang saya baca dan lihat Paus mengundurkan diri karena pertimbangan fisik yang menurun dan umur yang sudah tua," kata dia. Dia berharap Paus yang baru nanti tetap bagus sama seperti Paus-Paus sebelumnya bisa membawa damai untuk manusia.

"Kalau keinginan sih, yang akan menggantikan Paus adalah orang dari Vatikan sendiri. Kami tinggal mendengar pemilihan dari sana kadang meski suka yang muda namun pertimbangan dari Vatikan berbeda," tandasnya.(crz)
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Andrew_Pattymahu
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
230073 articles 8 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas