Kamis, 27 November 2014
Tribun Manado

Gogagoman Bakal Jadi Rebutan

Jumat, 1 Februari 2013 11:17 WITA



Laporan Wartawan Tribun Manado Edi Sukasah

TRIBUNMANADO.CO.ID, KOTAMOBAGU
- Kelurahan Gogagoman, Kecamatan Kotamobagu Barat, menjadi lumbung suara pada beberapa pemilihan umum. Dengan jumlah suara pemilih 9.292 pada pemilihan umum wali kota dan wakil wali kota (Pilwako) 2008 lalu, kelurahan ini menjadi bagian kunci kemenangan pasangan Djelantik Mokodompit dan Tatong Bara (Djelita) menjadi top eksekutif Kotamobagu 2008-2013.

Pada Pilwako 2013 ini, Djelita dipastikan 'bercerai'. Djelantik dan Tatong tentu akan berebut suara di daerah yag juga menjadi pusat niaga Kotamobagu ini. Apalagi, berdasarkan Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) pada Pilwako 2013 ini mencapai 11.642 pemilih.    

Berdasarkan DP4 yang diserahkan oleh Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan (Discapilduk) Pemkot Kotamobagu, total pemilih bisa mencapai 91.009 jiwa. Potensi pemilih terbanyak berada Kecamatan Kotamobagu dengan jumlah 32.689 jiwa. Dan, Kelurahan Gogagoman menjadi kelurahan terbanyak pemilihnya.    

Menurut Mohammad Zabir, pengamat politik Kotamobagu, perebutan suara di kelurahan tersebut akan berlangsung sengit. Dia mengatakakan isu berkaitan dengan pasar akan menjadi faktor penentu kemenangan pasangan calon di kelurahan tersebut.  

"Siapa yang bisa memainkan isu relokasi pasar tersebut, bisa jadi akan meraup suara banyak. Isu relokasi pasar tersebut bisa jadi isu positif dan negatif, tergantung yang memainkanya," kata Zabir kepada Triubun Manado, Minggu (27/1/2013).

Dia menambahkan, bukan berarti Djelantik yang pada masa kepemimpinan saat ini berencana akan merelokasi pasar akan kalah. "Jika pihak Djelantik mampu mengubah isu tersebut menjadi positif baginya, maka dia bisa saja meraup suara terbanyak di Gogagoman," kata Zabir menjelaskan.

Dia memandang, pertarungan yang sengit terjadi antara dua petahan atau incumbent, yakni Djelantik dengan Tatong. Munculnya tokoh di daerah tersebut, kata dia, belum mampu mengubah peta suara di Kelurahan Gogagoman pada saat ini.
Penulis: Edi_Sukasah
Editor: Andrew_Pattymahu

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas