• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 20 September 2014
Tribun Manado

DPRD Bolmong Setujui Pembentukan Kabupaten Bolteng

Rabu, 23 Januari 2013 19:44 WITA
DPRD  Bolmong Setujui Pembentukan Kabupaten Bolteng
TRIBUNMANADO/EDI SUKASAH
Ketua DPRD Bbolmong saat akan tandatangani persetujuan pembentukan Kabupaten Bolteng
Laporan Wartawan Tribun Manado Edi Sukasah

TRIBUNMANADO.CO.ID, LOLAK
- Langkah warga Dumoga untuk membentuk daerah otonom baru di daerah yang dikenal sebagai lumbung padi itu kian mulus. Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bolaang Mongondow (Bolmong) menyetujui pembentukan Kabupaten Bolmong Tengah (Bolteng) berdasarkan usulan dari warga Dumoga, Rabu (23/1/2013).

Ruang rapat paripurna DPRD Bomong mendadak riuh saat Ketua Dewan Abdul Kadir Mangkat akan menantangani dokumen persetujuan pembentukan Bolteng. Bahkan, Kadir sempat membuat gerakan dramatis sebelum penandatangan tersebut. Dia angkat pena yang akan dipakainya dan menahanya di atas kepalanya beberapa detik.

Tepuk tangan dan teriakan penuh semangat terlontar dari balkon ruang paripurna. Di bagian tersebut ratusan perangkat desa yang kebanyakan dari wilayah Dumoga. Tak hanya di balkon yang berada di lantai II, para pamong di lantai III pun ikut bersorak. Wakil Bupati Yanni Tuuk yang berada di depan ruang paripurna pun tampak terenyuh.

Sementara itu Bupati Bolmong Salihi Mokodongan pun menyatakan dukunganya terhadap pembentukan daerah otonom baru di Dumoga tersebut. Namun dia minta agar warga di daerah tersebut tetap menjaga keamanan. "Saya mengharapkna agar pengurusan lancar, namun tetap jaga keamanan dan ketertiban di Dumoga," ujar Salihi.

Gemuruh di ruang rapat paripurna tersebut tak hanya saat Kadir tandatangai Keputusan DPRD Bolmong bernomor 2 tahun 2013 tersebut. Pun demikian saat Ketua Komisi I DPRD Bolmong Yusra Alhabsyi yang memberikan laporan kajian Dewan memekikan kata Bolteng yang kemudian disambut peserta rapat dengan teriakan, "Yes!"

Yusra mengatakan, paripurna tersebut merupakan catatan sejarah bagi Bolmong. Pembentukan Kabupaten Bolteng diharapkan dapat meningkatkan efisisendi dan efektifitas karena memperpendek rentang kendali. "Komisi 1usulkan kepada forum untuk menyetujui pembentukan Bolteng sesuai Permen tahun 2008 nomor 27," kata dia.

Ditambahkan, Dumoga Raya memenuhi syarat untuk menjadi daerah otonom baru. Daerah ini sudah memiliki enam kecamatan. Apalagi, adanya aspirasi dari masyarakat Dumoga Bersatu melalui usulan yang disampaikan oleh setia badan permusyawaratan desa (BPD) di daerah yang juga mempunyai sumber daya alam yang kaya.

Legislator asal Dumoga, Welty Komaling, menyatakan optimismenya dalam pembentukan daerah tersebut. "Insyaallah, (Bolteng) akan segera terbentuk. Saya pastinya akan selalu mengawal pembentukan yang telah dicita-citakan ini," kata Welty.

Sama halnya dengan Welty, Wakil Bupati Bolmong Yanni R Tuuk yang juga berasal dari Dumoga tak bisa menyembunyikan kelegaanya persetujuan tersebut. "Lama untuk menunggu untuk persetujuan ini," ujat dia yang ditemui di ruang tunggu Ketua DPRD Bolmong di sela paripurna.
Penulis: Edi_Sukasah
Editor: Rine_Araro
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
210003 articles 8 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas