• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 26 Oktober 2014
Tribun Manado

31 Bencana Kebakaran Terjadi Sepanjang Tahun 2012 di Bitung

Sabtu, 12 Januari 2013 18:55 WITA


Laporan Wartawan Tribun Manado Christian Wayongkere

TRIBUNMANADO.CO.ID, BITUNG – Badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) Bitung mengemukakan sepanjang tahun 2012 di Kota Bitung telah terjadi puluhan bencana kebakaran. Hal ini sebagaimana yang disampaikan Kaban BPBD Bitung Jeffry Wowoling, Sabtu (12/1), dimana peristiwa kebakaran yang terjadi di Bitung tersebar hampir diseluruh Kecamatan.

“Dari data yang kami himpun ada 31 bencana kebakaran di Bitung, untuk kebakaran pertama kalinya terjadi pada Minggu (15/1/2012) yang terbakar tempat hiburan Karaoke Aldi di Kelurahan Bitung Timur Kecamatan Maesa dan yang terakhir terjadi dikawasan pemukiman penduduk dimana yang terbakar Loper Bensi dirumah keluarga Sair Tugela di Kelurahan Winenet I Kamis (27/12/2012),” kata Wowiling. Dijelaskannya dari puluhan bencana kebakaran yang terjadi di Bitung disebabkan oleh beberapa faktor mulai dari listrik (korsleting), konfor, obat nyamuk, lampu botol dan sebab lainnya. “Untuk penyebab bencana kebakaran yang paling menenjol disebabkan oleh listrik atau korsleting dengan 7 kasus, sementara untuk penyebab lainnya sejumlah 24 kasus,” tuturnya.

Lanjutnya, dari puluhan bencana kebakaran yang terjadi beruntung tidak sampai mengakibatkan korban jiwa, karena yang ditimbulkan dari puluhan bencana kebakaran tersebut hanyalah kerugian materil. “Total kerugian materil dari 31 bencana kebakaran yang terjadi di Bitung sejumlah Rp 347,700,000,” urainya. Untuk itulah di tahun 2013 ini Wowiling menghimbau kepada seluruh warga yang ada di Bitung untuk semakin wasapada dengan bencana kebakaran yang terjadi tanpa sengetahuan kita. “Hati-hati kalau keluar rumah pastikan tidak ada sumber api yang dapat menyebabkan kebakaran seperti obat nyamuk, lampu botol, colokan listrik yang tidak baik dan lainnya,” kata dia.

Pihaknya sendiri tidak hanya tinggal diam jika diperhadapkan dengan musibah kebakaran, karena telah siap dengan empat armada untuk memadamkan api. “Masing-masing armada telah disebar dimasing-masing titik, seperti di Kakenturan, kantor walikota dan Manembo-nembo. Ini bertujuan agar supaya jika terjadi kebakaran diantara titik tersebut armada bisa langsung menuju lokasi tanpa menunggu lama,” pungkasnya.(crz)
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Andrew_Pattymahu
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
197624 articles 8 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas