• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Senin, 22 September 2014
Tribun Manado

Gorontalo Hujan Ringan dan Gelombang Laut Tiga Meter

Senin, 7 Januari 2013 10:34 WITA
Laporan wartawan Tribun Manado Budi Susilo

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO
- Cuaca Gorontalo hari ini, Senin (7/1/2013), berdasarkan ramalan Badan Meteorologi, Kilimatologi, dan Geofisika (BMKG) akan terjadi hujan ringan.

Prakiraan cuaca BMKG tersebut, terpantau pada situsnya, www.bmkg.go.id, hujan ringan memiliki temperatur Suhu dari 25 hingga 32 °C dengan masa kelembaban 69 sampai 97 persen.

Sementara kondisi kecepatan Angin Gorontalo memiliki 25 km/jam yang bertiup arah Angin dari Barat Laut.

Selain itu, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Isimu, Provinsi Gorontalo juga mengungkapkan, tinggi gelombang laut Sulawesi, khususnya berada di Kabupaten Gorontalo Utara mencapai dua hingga tiga meter.

"Bagi nelayan yang hendak beraktivitas di laut Sulawesi, untuk berhati-hati dengan tingginya gelombang laut itu," kata prakirawan BMKG, Wisnu, Minggu.

Tingginya gelombang laut itu, diprediksikan masih akan berlangsung hingga dua hari ke depan. Dengan kecepatan angin rata-rata 20-25 kilometer per jam.

"Untuk hari ini, arah angin berhembus dari Utara. Kecepatannya cukup tinggi," tambahnya.

Kemudian tinggi gelombang di Teluk Tomini, atau perairan timur Provinsi Gorontalo, mencapai dua meter dengan kecepatan angin hingga 30 kilometer per jam.

BMKG juga memprediksikan pada tanggal 6 dan 7 Januari, kecepatan angin akan terus bertambah menjadi 30 kilometer per jam dan tinggi gelombang belum akan berkurang.

Dikonfirmasi, Sujono Antule, Kasie Pencegahan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Gorontalo, mengatakan, belakangan kondisi cuaca di berbagai daerah di Indonesia sedang mengalami cuaca buruk.

"Di Gorontalo juga sedang tidak baik. Masih masuk cuaca penghujan dan ada tiupan angin," ujarnya.

Karena itu, tegasnya, seluruh warga masyarakat yang ada di Gorontalo, apalagi yang berada di daerah rawan bencana banjir, longsor dan angin kencang tetap waspada tingkat tinggi.

"Menjaga kewaspadaan tidak ada salahnya untuk mengantisipasi, meminimalisir korban jiwa maupun harta benda," kata Sujono.

Tetapi berdasarkan ramalan itu, kondisi dilapangan Kota Gorontalo pada pukul 09.00 Wita masih mendung.

Satu di antara warga Kota Gorontalo, Niar Ayu Cahyani mengatakan, cuaca Kota Gorontalo sedang mendung.

Hal senada, Adhiwinata Solihun, yang tinggal di Leato Kota Gorontalo, menuturkan, cuaca mendung buat rasa malas. "Enak nya tidur saja ini," ungkapnya lewat BlackBerry Messenger.
Editor: Robertus_Rimawan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
192364 articles 8 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas