• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 22 Oktober 2014
Tribun Manado

Peranan Visi dan Misi Dalam Manajemen Strategi Perusahaan

Kamis, 27 Desember 2012 19:13 WITA

Cherly Sumaraw
Fekon, UNIKA De La Salle Manado


Memulai sebuah bisnis baru biasanya didasarkan pada pemikiran dan keyakinan bahwa organisasi yang baru tersebut dapat menawarkan produk atau jasanya  kepada konsumen dalam suatu daerah atau wilayah tertentu., dan pada harga yang menguntungkan. Ketika serangkaian keyakinan mengenai suatu bisnis tersebut diwujudkan dalam bentuk tulisan, dokumen yang dihasilkan mencerminkan gagasan dasar yang sama bahwa perlu untuk membuat pernyataan visi dan misi. Pernyataan visi dan misi biasanya dapat kita jumpai dibagian depan dari laporan tahunan perusahaan atau organisasi yang bersangkutan.  Selain itu pernyataan visi dan misi dapat kita jumpai dalam setiap profil perusahaan .
Visi dan misi sendiri merupakan pernyataan yang dibuat oleh pihak perusahaan secara internal untuk menggambarkan secara tidak langsung apa yang sebenarnya menjadi tujuan, sasaran dan rencana kerja dari perusahaan tersebut. Antara visi dan misi tentunya yang sering dibuat terlebih dahulu adalah visi. Seringkali atau bahkan biasanya perntanyaan yang sering muncul dalam perumusan visi adalah “mau jadi seperti apakah kita?”. Pertanyaan acuan yang singkat ini biasanya  akan sangat  membantu para manajer serta eksekutif dalam organisasi apa saja untuk menjadi sepaham mengenai tujuan apa yang akan hendak dicapai dalam organisasi tersebut. Baik untuk jangka pendek maupun tujuan jangka panjang. Adanya kesepahaman ini tentu akan sangat membantu pihak intern karena lebih mudah dalam membangun kerja sama antar karyawannya sendiri.
Setelah perumusan visi yang telah dianggap tepat oleh pihak pimpinan bagi organisasinya maka selanjutnya adalah bagian pernytaan atau perumusan misi. Misi sendiri sebagai gagasan pendukung dari ide yang telah dibuat dalam bentuk visi sebelumnya. Misi berperan sebagai alat bantu, bahkan cara yang akan digunakan untuk tercapainya visi dari organisasi tersebut. Salah satu contoh pertanyaan acuan yang bisa saja muncul dalam misi adalah “ apakah jenis bisnis kita?”. Melihat pertanyaan seperti ini jelas menuntut seorang pemimpin untuk kembali melihat apa yang menjadi alasan keberadaan organisasinya dalam masyarakat. Secara tidak langsungpun alasan tersebut akan ikut menggambarkan apa yang menjadi tujuan dari organisasi atau perusahaan tersebut dengan kehadirannya dalam masyarakat.


Dari uraian diatas dapat  terlihat jelas bahwa pernyataan visi dan misi memiliki peranan yang positif dalam manajemen strategi suatu perusahaan. Pernyataan visi dan misi yang jelas akan menuntun para manajer dalam merumuskan,merencanakan dan menjalankan  strategi apa yang akan digunakan sehingga apa yang menjadi tujuan awal bersama dapat tercapai. Karena yang sering terjadi adalah pada saat suatu perusahaan atau organisasi lain tidak memperoleh keberhasilan maka para manager melihat kembali visi dan misi yang telah ada. Apakah ada kekeliruan atau ketidakjelasan dalam visi dan misinya. Dan perubahanpun sering terjadi.



Penulis: Andrew_Pattymahu
Editor: Andrew_Pattymahu
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
183774 articles 8 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas