• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Tribun Manado

Pentingnya Investasi Daerah Bagi Pertumbuhan Ekonomi

Kamis, 27 Desember 2012 19:11 WITA

Oleh: Angie Salaka
Fakultas Ekonomi
Mahasiswa Universitas Katolik De La Salle


    Pada sekarang ini kota Manado sudah mulai menjadi kota pariwisata yang dikenal oleh banyak negara. Pemerintah sudah mulai menjalankan program-program yang memajukan dan mengembangkan kota Manado. Tapi untuk bisa meningkatkan hal itu, pemerintah harus merencanakan strategi yang juga bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah, salah satunya adalah dengan investasi. Investasi adalah salah satu faktor penting penentu keberhasilan pembangunan ekonomi. Keberadaannya merupakan modal dasar bagi perwujudan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Investasi pemerintah daerah yang meningkatkan kualitas hidup masyarakat sangat penting untuk mempertahankan daya saing. Secara lebih spesifik, investasi atau penanaman modal membutuhkan iklim usaha yang sehat, kemudahan serta kejelasan prosedur. Investasi akan masuk ke suatu daerah tergantung dari daya tarik daerah tersebut. Pembentukan daya tarik investasi, berlangsung secara terus menerus dari waktu ke waktu dan dipengaruhi oleh banyak aspek. Faktor ekonomi, politik dan kelembagaan, sosial dan budaya, diyakini merupakan beberapa faktor kunci pembentuk daya tarik investasi suatu negara atau daerah. Keberhasilan untuk meningkatkan daya tariknya terhadap investasi salah satunya tergantung dari komitmen dan kemampuan daerah dalam merumuskan dan mengimplementasikan secara konsisten kebijakan yang berkaitan dengan investasi dan dunia usaha.
    Dilihat dari keadaan sekarang ini, Manado kaya akan sumber daya alam dan mampu menarik para investor untuk berinvestasi disini. Contohnya saja Manado sudah bisa menarik perhatian dari Pemerintah Republik Ceko untuk melakukan kerja sama di bidang dagang dan investasi disini. Salah satu daya tarik dari kota Manado adalah sektor pembangunannya dan pariwisata. Terdapat banyak lahan di Manado yang bisa menarik berbagai investasi. Daripada lahan tersebut semuanya digunakan hanya untuk membangun perumahan, Pemerintah bisa melakukan investasi untuk membangun taman bermain yang sampai sekarang belum ada di Manado. Dengan membangun taman bermain tentu saja akan menarik perhatian masyarakat kota Manado sendiri dan juga masyarakat dari luar daerah sehingga dapat meningkatkan pendapatan daerah. Investasi seperti pembangunan hotel juga sangat menguntungkan karena selain menunjang perekonomian, akan banyak tenaga kerja yang terserap sehingga meningkatkan tingkat kesejahteraan rakyat.
    Sektor lain yang merupakan andalan dari kota Manado adalah pariwisata. Obyek-obyek wisata yang potensial adalah wisata bahari, wisata budaya, wisata agro (agro-tourism), shopping tourism dan lain-lain. Obyek wisata yang sudah mendunia adalah Taman Bawah Laut Bunaken. Dengan lingkungan fisik alamiah kota Manado yang di dominasi oleh air (laut dan sungai) dan pada wilayah tertentu ditemukan perbukitan, dapat menjadi daya tarik bagi investor luar untuk melakukan investasi dalam bidang pariwisata. Banyak tempat pariwisata yang ada di Manado khususnya di kampung- kampung yang sebenarnya bagus namun karena tidak dikelola dengan baik sehingga tidak terlalu terkenal dan dikunjungi banyak orang. Pemerintah harus bisa mengelola tempat-tempat wisata tersebut dengan baik agar bisa menarik perhatian masyarakat dan juga investor sehingga bisa meningkatkan daya tarik Manado sebagai kota Pariwisata.
Penulis: Andrew_Pattymahu
Editor: Andrew_Pattymahu
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas