Kamis, 18 Desember 2014
Tribun Manado

Pasangan Calon Lakukan Perhitungan Cepat

Selasa, 11 Desember 2012 22:16 WITA

Laporan wartawan Tribun Manado Lucky Kawengian

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO
- Saat perhitungan suara Pemilukada Minahasa, hampir semua pasangan calon telah mempersiapkan tim untuk melakukan perhitungan cepat.

Calon wakil bupati nomor urut satu, Jefry J Mentu saat diwawancarai Tribun Manado, Selasa (11/12/2012) menjelaskan, pihaknya akan mengerahkan sekitar 1.000 saksi pada masing-masing tempat pemungutan suara (TPS) untuk melaporkan hasil perhitungan suara.

"Semua saksi yang kami kerahkan akan kami fungsikan untuk melaporkan hasil perhitungan suara yang telah dilakukan di TPS masing-masing. Akan ada tim khusus yang akan melakukan perhitungan dari semua SMS yang telah dikirimkan," ujarnya.

Dirinya menjelaskan, pihaknya telah siap untuk melihat hasil capaian saat ini. Menurutnya hasil kerja keras yang telah dilakukan selama beberapa bulan terakhir akan nampak saat perhitungan suara. Menurutnya apapun yang akan dicapai nanti adalah bukti dari kuasa Tuhan.

Calon wakil bupati nomor urut dua, Recky J Montong (RJM) juga mengatakan hal serupa. Menurutnya mereka akan mengerahkan sekitar 1.200 saksi untuk melaporkan hasil perhitungan suara. Menurutnya hasil dari perhitungan suara di masing-masing TPS akan segera diketahui sesaat setelah selesai melakukan penghitungan.

"Ada tim khusus yang akan mengolah data yang dikirimkan masing-masing saksi. Hasil perhitungan suara di semua TPS akan kami ketahui sekitar pukul 15.00 Wita sampai 16.00 Wita," ujarnya.

RJM menjelaskan, pihaknya telah siap untuk menerima hasil yang dicapai nanti. Menurutnya walau akan melakukan perhitungan cepat namun dia dan pasangannya, Hangky A Gerungan (HAG) akan tetap berpatokan pada hasil rekapitulasi resmi yang dilakukan KPUD Minahasa.

Sedikit berbeda dengan pasangan calon lainnya, pasangan calon nomor urut tiga, Careig N Runtu (CNR) - Denny J Tombeng (DJT) memilih menggunakan tim khusus untuk melakukan penghitungan cepat. Koordinator media centre CNR-DJT, Hanny Sumakul menjelaskan, tim ini berisi orang-orang terlatih dalam bidang penghitungan cepat. Menurutnya, mereka tidak akan fokus menggunakan saksi di semua TPS, melainkan menempatkan orang-orang pada sekian TPS yang diambil secara acak.

"Akan ada sistem yang dipersiapkan khusus untuk mengolah data hasil perhitungan suara yang selesai dilakukan. Server akan menganalisa data yang masuk dan memunculkan pergerakan perolehan suara untuk dianalisa. Mereka adalah tim yang kompeten dalam melakukan perhitungan cepat. Hasil perhitungan suara akan langsung diketahui besok (hari ini)," ujarnya.

Sumakul menjelaskan, metode ini dilakukan sebagai bentuk kesiapan pasangan CNR-DJT menghadapi Pemilukada Minahasa. Menurutnya hasil dari hitung cepat ini kemungkinan besar akan langsung diumumkan.

Sekretaris DPC PDIP Minahasa, Dharma Palar juga mengatakan pihaknya akan mengerahkan saksi untuk membantu proses hitung cepat. Palar menjelaskan, hasil perhitungan suara pada semua TPS pasti akan bisa diketahui sore itu.

"Sekarang fasilitas teknologi sangat menunjang untuk pengumpulan informasi secara cepat. Beberapa menit setelah perhitungan suara, para saksi bisa langsung melaporkan hasil perhitungan suara di TPS mereka masing-masing," ujarnya.
Editor: Robertus_Rimawan

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas