• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Minggu, 26 Oktober 2014
Tribun Manado

Sejumlah Nama Bakal Calon Bupati Mitra Mulai Mencuat

Kamis, 15 November 2012 22:50 WITA
Laporan Wartawan Tribun Manado Pengasihan Susanto Amisan
 
TRIBUNMANADO.CO.ID, RATAHAN
– Nuansa politik jelang tahapan pemilihan umum kepala daerah dan wakil kepala daerah (Pemilukada) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) 2013, mulai terasa. Meski tak seramai Pemilukada Minahasa 2012 yang sudah ramai sejak dua tahun sebelum pelaksanaannya, namun satu per satu nama pengusaha, birokrat dan pimpinan Partai Politik yang ada di Mitra maupun dari luar Mitra, sudah mulai digadang-gadang sebagai bakal calon bupati maupun wakil bupati Mitra.
 
Ratusan bahkan bisa ribuan baliho dan spanduk para tokoh yang digadang-gadang maju dalam Pemilukada Mitra 2013, termasuk kandidat petahana yakni Bupati Telly Tjanggulung, mulai marak di sepanjang jalan-jalan protokol di ibukota kabupaten hingga jalan pelosok desa. Beragam selogan dan jargon pun ikut menghiasi baliho dan spanduk mereka, yang kesemuanya menawarkan perbaikan pembangunan di kabupaten Mitra.
 
Dari amatan Tribun Manado, beberapa nama yang senter diperbincangkan di kalangan masyarakat, serta giat menggelar kegiatan sosialisasi adalah Telly Tjanggulung, Ketua Partai Golkar Mitra yang kini masih menjabat sebagai Bupati, selanjutnya James Sumendap, Ketua Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan Mitra, yang juga sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sulut, kemudian Katrien Mokodaser, Ketua Partai Demokrat Mitra, yang juga merupakan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Mitra.
 
Selain itu ada juga Jeremia Damongilala, Wakil Bupati Mitra yang pada Pemilukada 2008 maju lewat Partai Golkar bersama Bupati Telly Tjanggulung, Maxi Rondonuwu, Birokrat yang saat ini dipercayakan oleh Gubernur DR S H Sarundajang, sebagai Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulut, Hesky Naray, Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Mitra yang juga merupakan anggota DPRD Kota Manado, Meki Man Tumbelaka, berlatarbelakang pengusaha, Samuel Katunche, juga berlatarbelakang pengusaha, Ronald kandoli, pengusaha yang saat ini juga sebagai anggota DPRD Mitra, Piter Owu, Birokrat yang kini dipercayakan oleh Bupati sebagai Kepala Dinas Perindagkop dan UMKM.
 
Dari nama-nama yang sudah mencuat kepermukaan tersebut, Telly Tjanggulung, sudah selangkah lebih maju, karena telah ditetapkan sebagai calon tunggal dari Partai Golkar. Maskipun baru merupakan keputusan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II, namun keputusan itu diambil secara aklamasi oleh semua pengurus kecamatan. Sebaliknya James Sumendap dan Katrien Mokodaser, meski belum ada penetapan dari partai, namun keduanya sama-sama dijagokan oleh para kader dan anggota di partainya masing-masing.
 
Terkait partai apa saja yang berhak mengusung calon Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, tiga partai yang memiliki fraksi bulat di DPRD Mitra, yakni Partai Golkar, PDI Perjuangan dan Demokrat, nampaknya sangat berpeluang bisa langsung mengusung kandidatnya, tanpa harus berkoalisi dengan partai lain.
 
Katrien Mokodaser ketika diwawancarai mengakui bahwa sejauh ini, sudah ada beberapa tokoh yang mulai merapat ke partai yang dipimpinnya itu. Namun karena Partai Demokrat memiliki mekanisme terkait penentuan siapa yang akan diusung nanti, maka pihaknya belum bisa mengungkap siapa yang akan diusung oleh Partai Demokrat. “Pada dasarnya sudah ada beberapa nama yang sudah mendekat, tapi pada prinsipnya semua tergantung perkembangan hasil survey nanti,” tegasnya.
 
Terkait siapa-siapa yang sudah mendekat ke Partai Demokrat, Mokodaser belum bisa mengungkapkannya. Menurut dia, usulan nama pastinya akan disampaikan dalam rapat kerja daerah (Rakerda) yang akan digelar akhir November ini. “Saya belum bisa mengunkapkan nama-nama itu, nanti saja saat Rakerda akhir November,” terangnya.
 
Sementara itu, Ketua DPC PDI Perjuangan Mitra, James Sumendap ketika diwawancarai beberapa waktu lalu, juga mengatakan bahwa sudah ada beberapa nama yang mendekat ke partai yang dipimpinnya, antara lain Jeremia Damongilala. Namun karena partai PDI Perjuangan sudah memiliki mekanisme penetuan, maka nama-nama yang menurut hasil survey PDI Perjuangan memiliki elektabilitas tinggi, biasanya diundang untuk masuk tahapan penyaringan untuk maju lewat PDI Perjuangan. “Sudah ada beberapa nama yang mendekat ke PDI Perjuangan, antara lain Jeremia Damongilala. Namun penetuan siapa yang akan diusung tentu tergantung mekanisme yang telah ada,” tegasnya.
Penulis: Susanto_Amisan
Editor: Robertus_Rimawan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
147323 articles 8 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas