Selasa, 28 Juli 2015

Kunci Menjadi Barista

Sabtu, 27 Oktober 2012 08:32

Kunci Menjadi Barista
FITRI PRAWITASARI
Salah satu langkah dalam Latte Art yaitu pada saat penuangan kopi ke dalam wadah. Keahlian ayunan tangan akan menentukan keindahan gambar yang dihasilkan.

Siapa kira, nikmatnya kopi tergantung bagaimana cara meraciknya. Cara meracik yang tepat akan menghasilkan kepekatan dan keasaman kopi yang pas di lidah serta aroma kopi yang mantap.

Untuk menghasilkan kualitas kopi yang baik, menurut Aris, Trainer Barista Anomali Coffee, tergantung pada tiga hal, yaitu biji kopi, mesin pembuat kopi, serta orang si pembuat kopi.

Espresso, sebagai salah satu produk kopi yang paling disukai, dalam pembuatannya ternyata butuh keahlian. "Kalau tidak menguasai mesin pembuat espresso, kopi bisa terlalu asam atau terlalu pait," ujar Aris kepada Kompas.com.

Aris menjelaskan, dalam pembuatan espresso, tergantung pada proses penggilingan dan ekstraksi. Sedangkan, waktu ekstraksi bisa menentukan rasa dari kopi.

Nah, untuk menghasilkan espresso yang baik, lanjut Aris, tergantung pada tingkat kekasaran, volume kopi, dan penekanan pada mesin pembuat kopi. Jika ketiganya tidak dikuasai oleh pembuat kopi, akan berakibat pada rasa espresso yang terlalu pahit, ataupun terlau asam.

Untuk itu, Anomali Coffe memiliki kelas barista, bagi orang-orang yang punya minat di bidang pembuatan kopi.

Kelas barista terbagi menjadi dua, yaitu basic dan latte art. Pada kelas basic, diperkenalkan teori dasar tentang kopi, mulai dari berbagai jenis kopi, alat pendukung dalam pembuatan kopi yaitu mesin pembuat kopi, cara pengoperasian mesin, hingga ke metode penyeduhan kopi.

Halaman12
Editor: Robertus_Rimawan
Sumber: Kompas.com
KOMENTAR
TRIBUNnews.com © 2015 About Us Help
Atas