Minggu, 23 November 2014
Tribun Manado

Angka Kelahiran Bagi Usia Remaja di Mitra Cukup Tinggi

Sabtu, 20 Oktober 2012 18:51 WITA


Laporan Wartawan Tribun Manado Pengasihan Susanto Amisan
 
TRIBUNMANADO.CO.ID, RATAHAN
- Berdasarkan data yang dirilis Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra), angka kelahiran bagi usia remaja atau kehamilan di usia remaja di Mitra ternyata cukup tinggi. Hal itu diungkapkan Kepala Dinkes Mitra, dr Lily Mawati, kepada Tribun Manado, Sabtu (20/10/2012).
 
Didampingi Kabid Kesehatan Keluarga dan Gizi, dr Lucie Mewengkan, Mawati menjelaskan bahwa kasus kelahiran remaja di Mitra, tertinggi di wilayah Kecamatan Tombatu, yakni 47 kasus. Sedangkan yang terendah di wilayah Kecamatan Tambelang, delapan kasus. "Total keseluruhan untuk Kabupaten Mitra pada 2012 ada 264 kasus. Jumlah ini diperkirakan cukup tinggi jika dibanding daerah lainnya," jelasnya.
 
Menurut dia, hal itu diduga imbas lain dari pemekarkan daerah, karena dimana-mana perkembangan suatu daerah biasanya secara langsung diikut pula oleh perkembangan pola pikir dan gaya hidup masyarakatnya, sehingga terkadang perilaku dan cara bergaul generasi muda terpengaruh budaya barat yang cederung bebas.
 
Akibat gaya hidup dan pola bergaul yang demikian, tak jarang generasi muda ada yang terjebak dan terjerumus pada pernikahan usia dini, usia dimana para pemuda dan remaja itu mestinya sibuk menimba ilmu di bangku pendidikan. Bahkan ada pula yang justru lebih miris lagi yakni perilaku seks bebas. “Kelahiran remaja pada prinsipnya sangat rentan terjadi kematian ibu melahirkan, karena secara medis, alat reproduksi mereka belum siap, termasuk mental mereka,” ujar Mawati.
 
Untuk mengatasi hal itu, Mawati berharap peran serta semua pihak yang terkait, mulai dari keluarga, tokoh agama dan masyarakat, dinas pendidikan, dinas kesehatan dan seluruh masyarakat untuk bersinergi membangun sistem terpadu. “Meminimalisir masalah ini, butuh peran serta semua pihak, tidak saja dinkes,” tegasnya.
Penulis: Susanto_Amisan
Editor: Robertus_Rimawan

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas