Kamis, 27 November 2014
Tribun Manado

Harga Cengkeh Merosot

Jumat, 19 Oktober 2012 18:08 WITA

Laporan Wartawan Tribun Manado Lucky Kawengian

TRIBUNMANADO.CO.ID, TONDANO
- Harga cengkeh mengalami koreksi negatif pada tiga hari terakhir. Harga cengkeh kering dipasaran pada awal pekan ini pada kisaran Rp 122.000 per kilogram, namun saat ini turun menjadi sekitar Rp 118.000 per kilogram.

Berty Rumagit, petani cengkeh asal Sonder yang diwawancarai Tribun Manado, Kamis (18/10) menjelaskan dirinya cukup terkejut saat mengetahui harga cengkeh mengalami penurunan. Dirinya menjelaskan pada hari itu dia bermaksud menjual sekitar 300 kilogram cengkeh di Manado. Namun diri terkejut saat mengetahui harga cengkeh turun pada Rp 118 ribu per kilogram.

"Hari Senin lalu saya cek harga cengkeh Rp 122 ribu per kilogram. Tapi saat saya hendak menjual tadi (kemarin), ternyata harganya sudah turun jadi Rp 118 ribu per kilogram. Saya tidak jadi menjual cengkeh yang saya bawa karena harganya sudah murah," ujarnya.

Dirinya menjelaskan, dari 300 kilogram cengkeh yang dia bawah, hanya 100 kilogram yang dijual. Menurutnya dia kalau dijual semua cengkeh yang dia bawah maka akan ada kehilangan penghasilan sebesar Rp 1,2 juta.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Tribun Manado, penurunan harga juga terjadi di Minahasa. Seorang pengumpul cengkeh di Tondano mengatakan mereka hanya mengikuti mekanisme pasar. Para pengumpul di Manado sepertinya mulai menahan pembelian sehingga harga cengkeh mengalami koreksi negatif.

"Saya tidak mengetahui secara persis kenapa pembeli di Manado menahan pembelian cengkeh. Kami hanya mengikuti pergerakan harga di Manado," ujarnya.
Editor: Rine_Araro

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas