Jumat, 28 November 2014
Tribun Manado

Dana Guru Sertifikasi Triwulan III Capai Rp 6,1 Miliar

Kamis, 4 Oktober 2012 22:57 WITA

Laporan Wartawan Tribun Manado Warstef Abisada

TRIBUNMANADO.CO.ID, TOMOHON
- Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olah Raga Kota Tomohon terus melakukan verifikasi terhadap berkas guru-guru, yang berhak menerima tunjangan sertifikasi tri wulan III pada tahun 2012 ini.
Menurut Altje Siwi, pemeriksaan berkas sertifikasi wajib dilakukan pihaknya, untuk menghindari terjadinya kesalahan pembayaran, buntut diterimanya Permendiknas Nomor 30 Tahun 2011 tentang Perubahan Permendiknas Nomor 39 Tahun 2009 tentang Pemenuhan Beban Kerja Guru dan Pengawas Satuan Pendidikan tanggal 11 September 2012, yang intinya menegaskan bahwa guru yang mengajar tidak sesuai mata pelajaran yang diampu (sesuai sertifikasi pendidik), pemberlakuannya sampai dengan 31 Desember 2011.

“Jadi, semua berkas harus diverifikasi dulu, untuk melihat apakah jam mengajar oleh guru-guru telah dipenuhi sesuai mata pelajaran yang diampu, dimana setiap Minggu minimal harus mengajar 24 jama. Jika, tidak dipenuhi tapi dibayarkan, maka guru-guru yang menerima terancam akan kena tuntutan ganti rugi (TGR), yang artinya dana tersebut harus dikembalikan lagi, karena tidak layak menerimanya,” tegas Altje, yang bertugas sebagai pemeriksa berkas sertifikasi guru.

Ia menuturkan, tidak gampang untuk melakukan verifikasi, sebab data harus diteliti kebenarannya satu persatu, mengingat perubahan Permendiknas yang baru diterima pihaknya baru pada bulan September lalu. “Jadi intinya kami tidak menghambat proses pencairan dana sertifikasi guru, hanya memang prosesnya demikian, butuh ketelitian agar tak terjadi kesalahan,” terangnya.

Dikatakan Altje, batas untuk pencairan dana sertifikasi tri wulan III memang diberi kesempatan hingga 31 Oktober 2012, jadi masih mempunyai waktu panjang. “Untuk realisasi dana sertifikasi, sebenarnya tidak ada masalah, sebab jika di cek di seluruh daerah yang ada di Sulut, Tomohon selalu yang terdepan,” katanya.

Sonny Saruan, Kepala Bidang Pendidikan Menengah mewakili Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olah Raga Wendy Karwur mengambahkan data yang masuk ke dinas sudah mencapai 30 persen, dari sekitar 680-an guru penerima. “Alokasi dana untuk pembayaran tunjangan sertifikasi mencapai Rp 6,1 Miliar pada tri wulan III ini, jadi guru-guru harus bersabar dan melaksanakan tugas mengajar seperti biasanya untuk meningkatkan mutu pendidikan di Tomohon, karena semuanya sedang berproses,” tukasnya.
Penulis: Warsteff_Abisada
Editor: Robertus_Rimawan

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas