Jumat, 28 November 2014
Tribun Manado

Gorontalo Perkenalkan Bomboliyonu di Lomba Musik

Selasa, 2 Oktober 2012 10:52 WITA

Laporan Wartawan Tribun Gorontalo Budi Susilo

TRIBUNMANADO, GORONTALO
- Dinas Pariwisata Provinsi Gorontalo akan memamerkan musik Bomboliyonu dalam perlombaan alat musik tradisional tingkat nasional di Jakarta.

Salihun Ino Ischak, Kepala Seksi Informasi dan Promosi Pariwisata provinsi Gorontalo, menuturkan, lomba musik tradisional yang akan ditunjukkan oleh Gorontalo itu jenis musik bambu.

"Nama musik bambunya Bomboliyonu. Ada yang cara dipukul dan ditiup," ujarnya kepada tribungorontalo, Selasa (2/10/2012).

Rencananya, kegiatan akan dilangsungkan pada 1 Oktober sampai 5 Oktober 2012 di Gedung Kesenian Jakarta, Pasar Baru Jakarta Pusat.

"Kami sangat siap ikut, meski tidak menargetkan sebagai juara," tegasnya.
Menurutnya, keikutsertaan Gorontalo dalam perlombaan musik tradisional suatu hal yang menguntungkan dalam hal sisi promosi dan pencitraan.

"Gorontalo akan dikenal banyak orang. Lewat musik Gorontalo bisa diketahui budayanya," kata Salihun.

 Selain itu, ini adalah bagian dari program pengembangan ekonomi kreatif nusantara berbasis kebudayaan. "Kami utus 13 orang yang ke Jakarta," tuturnya.

Tim yang dikirimkan oleh Gorontalo akan berikan warna kreatif musik dalam gelaran lomba. Juga menunjukan hasil musik dan tarian yang mewujudkan hasil inovasi. Menampilkan kolaborasi, ada yang bermain alat juga tarian musik. Asli hasil kreasi mereka," ujarnya.

Ia mengharapkan, kegiatan lomba juga dapat memberikan semangat bagi para generasi muda untuk terus mencintai hasil karya budayanya. "Bangkitkan remaja Gorontalo untuk terus suka terhadap budayanya. Paham dan mengenal budayanya sendiri," ungkapnya. (bdi) 
Editor: Anthonius_Iwan

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas