Minggu, 21 Desember 2014
Tribun Manado

Demo Bentuk Kecerdasan Masyarakat Terhadap Aturan

Jumat, 21 September 2012 22:03 WITA

Laporan Wartawan Tribun Manado Alpen Martinus

TRIBUNMANADO.CO.ID,AMURANG
- Tuntutan masyarakat Minahasa Selatan yang melakukan demonstrasi di kantor pada Kamis (20/9) kemarin, yang meminta fungsi wakil bupati dikembalikan, ditanggapi santai oleh Sonny Tandayu Wakil Bupati Minahasa Selatan.
 
Ia mengatakan, itu merupakan aksi masyarakat yang menilai jalannya pemerintahan sudah tidak baik." Demo tersebut merupakan bentuk kecerdasan masyarakat terhadap aturan, dan kita tidak bisa menghalangi keinginan masyarakat tersebut," ujarnya, Jumat (21/9).

Tugas pokok dan fungsi bupati dan wakil bupati semuanya telah diatur dalam UU 32 tahun 2004 tentang pemerintahan daerah, khususnya pasal 26 ayat 1."Menganulir tugas pokok bupati atau wakil bupati, itu namanya melanggar aturan," jelas dia.

Termasuk saat mendelegasikan tugas kepada orang lain yang tidak sesuai kewenangan dan Tupoksinya, itu melanggar undang-undang."Kita berbicara aturan, bukan berdasarkan opini," ujarnya.

Demo masyarakat merupakan bentuk ketidakpuasan masyarakat terhadap sistem koordinasi pemerintahan yang dinilai tidak harmonis lagi, dan berdampak pada kesejahteraan masyarakat."Itu aksi mereka, karena masyarakat yang menilai jalannya pemerintahan," jelas dia.

Menurutnya, jika tidak ada yang dinilai masyarakat salah, tidak mungkin demo akan terjadi."Karena ada yang menyalahi aturan, jadi masyarakat demo, kalau semuanya baik-baik saja, tentu demo tidak akan terjadi," jelasnya.

Keinginan masyarakat saat demo, agar Wabup hadir dinilainya tidak akan bisa mencegah aksi masa tersebut."Kalau saya datang, sama saja, tidak akan bisa mengendalikan banyaknya masa," ujar dia. Ia menambahkan, saat demo, dirinya sementara terbaring sakit di rumahnya.

Masyarakat Minsel, hanya menginginkan keseimbangan dalam pemerintahan, yang diharapkan dapat stabilnya roda pemerintahan, karena unsur pengawasan dikembalikan, dan kesejahteraan masyarakatlah, produk akhir yang merupakan tujuan akhrinya.
Penulis: Alpen_Martinus
Editor: Rine_Araro

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas