• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Sabtu, 1 November 2014
Tribun Manado
BBM

Mobil Perkebunan dan Pertambangan Dilarang Gunakan BBM Subsidi

Selasa, 4 September 2012 23:43 WITA
Mobil Perkebunan dan Pertambangan Dilarang Gunakan BBM Subsidi
TRIBUNMANADO/CHRISTIAN WAYONGKERE
Laporan Wartawan Tribun Manado Christian Wayongkere

TRIBUNMANAD.CO.ID, BITUNG
- Pascaaksi mogok puluhan sopir dump truk berserta kendaraannya, mempertanyakan keputusan pemerintah pusat yang melarang penggunaan BBM jenis solar bersubsidi, pemerintah kota Bitung melaksanakan rapat koordinasi (rakor). Rakor dilakukan bersama Pertamina Manado dan Bitung, SPBU yang ada di Bitung, Asosiasi ekspedisi, serta dinas dan badan terkait.

"Rakor ini dilakukan untuk membahas tentang Perpres nomor 15 tahun 2012 tentang harga jual eceran dan konsumen pengguna jenis BBM tertentu dan Permen ESDM nomor 12 tahun 2012 tentang pengendalian penggunaan BBM," kata Dahlia Kaeng Asissten II pemko Bitung usai rakor, Selasa (4/9/2012).

Dijelaskannya, dalam rakor tersebut bahas mengenai larangan penggunaan BBM jenis Solar bersubsidi untuk kendaraan. "Dalam permen dan perpres tersebut yang dilarang menggunakan BBM jenis solar bersubsidi untuk kendaraan yang melakukan kegiatan pertambangan dan perkebunan per (1/9)," tuturnya. Lanjut dia, kendaraan yang melakukan kegiatan pertambangan dan perkebunan bisa menggunakan BBM subsidi jika memenuhi berbagai pertimbangan. "Perkebunannya luas lahannya kurang dari 25 hektar, pertambangan rakyat dan kendaraan yang mengangkut galian C bisa gunakan Solar subsidi," terangnya.

Menurutnya dalam peraturan tersebut kendaraan yang masih diizinkan gunakan BBM subsidi yakni dari pertambangan, pengangkut aspal, LPG, tangki Pertamina, dan mobil angkut batu bara. "Untuk kendaraan dinas dilarang menggunakan BBM jenis solar subsidi. Karena susuai dengan edaran dari mendagri bahwa kendaraan dinas dilarang gunakan BBM subsidi," tandasnya.
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Robertus_Rimawan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas