• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 22 Oktober 2014
Tribun Manado

Belajar Matematika Menyenangkan

Minggu, 5 Agustus 2012 21:24 WITA

TRIBUNMANADO.CO.ID-
Sakamoto Master Japanese Mathematics Centre menggelar Grand Launching Matematika Jepang Metode Sakamoto yang dihadiri oleh para orangtua dan siswa Sekolah Dasar (SD) di Hotel Aston Manado pada Minggu (5/8).

Acara Grand Launching ini dihadiri oleh orangtua dan siswa dari beberapa SD di Kota Manado. Dengan mendatangkan pembicara dari Jakarta, Marianawati Purnomo, selaku Director of Sakamoto Indonesia.
Pada peserta khususnya anak-anak sangat antusias dengan mendengarkan presentasi dari pembicara. Mereka bersemaangat menjawab setiap soal matematika yang diberikan oleh pembicara. Apalagi setiap siswa yang menjawa pertanyaannya, akan diberikan hadiah.

Director of Sakamoto Indonesia, Marianawati Purnomo mengatakan, matematika Jepang metode Sakamoto lebih mengarkan anak untuk berpikir secara logika, kreatif dan analisa.
"Kalau yang sering kita temui saat ini, metode belajar matematikanya masih menekankan hitungan atau kalkulasi, sehingga memaksa siswa untuk menghafal. Namun dengan metode sakamoto ini, kita lebih menekankan pada matematikanya yaitu kita harus melatih siswa untuk mengerti konsepnya. Karena belajar matematika itu bukan menghafal tetapi mengerti, " jelasnya
Menurut Marianawati, ada tiga langkah utama yang diajarkan dalam metode sakamoto antara lain Graps the Relation (GR), diagram, dan  writing.
"Untuk langkah GR, kita mengajarkan siswa agar membaca soal dan menyusun data serta harus tau hubungan antar data tersebut. Kalau diagram, kita mengajarkan siswa untuk mengerti inti maslahnya secara jelas dan mendorong  mereka untuk memechakan maslah tersebut secara logika, sedangkan untuk tahap writing, kita mengajarkan siswa untuk menulis persamaan tersebut dalam bentuk diagram, kemudian mencari jawaban yang tepat, " ujarnya
Ie menjelaskan, metode sakamoto lebih menonjolkan ke matematika dan bukan kalkulasi. Karena pada saat kelas satu SD, biasnya siswa hanya berpikir menambahkan angka atau mengurangi angka, sedangkan kalau di sakamoto siswa tidak hanya diajar untuk menghitung saja. Namun logika dan kreatifitanya jugaa dilatih.
"Tujuan belajar di sakamoto yaitu melatih dasar-dasar matematika yaitu permainan angka-angka, pengembangan pemahaman soal yaitu kami lebih menekankan kepada soal cerita. Karena kebanyakan anak mengalami kesulitan dalam memecahkan soal cerita. Selain itu belajar menggunakan metode sakamoto ini dapat mengatasi persoalan siswa yang fobia terhadap matematika dengan cara belajar yang menyenangkan dan tidak memboisankan, " ujarnya
Ia menambahkan, buku dan bahan ajar  matematika Jepang Metode Sakamoto dilengkapi dengan kurikulum Indonesia yang sering diajarkan juga di sekolah-sekolah.
"Pelajaran di sekolah ada juga di Sakamoto. Selain itu guru-gurunya juga sangat terampil di bidang matematika, terlatih dan sudah mendapatkan sertifikat. Mereka juga ditraning langsuing di Jakarta, " jelasnya
Bagi anda ingin mendaftarkan anak-anak anda untuk mengikuti kursus matematika jepang metode sakamoto ini, silakan mengunjungi. Sakamoto Master Japanese Mathematics Centre di Marina Plaza Blok B nomor 11 atau bisa menghubungi nomor telepon  08124302322 atau (0431) 8880057. (Jhp)
Editor: Andrew_Pattymahu
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
76475 articles 8 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas