• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 31 Oktober 2014
Tribun Manado

Cara Siasati Puasa Bagi Seorang Atlit

Minggu, 29 Juli 2012 23:26 WITA

Menahan lapar dan dahaga serta hawa nafsu selama lebih dari 12 jam sebulan penuh tentu bukan hal yang mudah terutama jika anda seorang Atlit.
Berikut kiat yang bisa anda coba selama bulan puasa. Kiat ini pernah dicobakan untuk mengelola atlit selama menjalani puasa di bulan Ramadhan oleh Dr. Phaidon L Toruan yang pernah menjadi ahli gizi bagi atlet angkat besi Lisa Rumbewas agar tubuh tetap bugar dan fit.
Menurut dr Nenny Tubagus, bugar di bulan puasa dapat dicapai dengan beberapa cara.
“ Pilih menu makanan yang benar, pilih karbohidrat yang kompleks seperti nasi merah ubi, jagung, singkong,oatmeal, roti gandum saat sahur, ” ujarnya

dr Nenny menjelaskan, karbohidrat kompleks akan menyebabkan gula darah menjadi stabil. Tubuh akan terlihat lebih segar selama menjalani puasa, karena gula darah yang stabil, akan turun perlahan saat tubuh merubah penggunaan bahan baku dari gula darah menjadi lemak.

“ Kalau kepepet tidak sempat sahur, minum segelas susu, karena susu adalah makanan lengkap yang juga mengandung vitamin dan mineral, ” katanya

Kepala Puskesmas Ranomut ini menjelaskan, bila mengkonsumsi karbohidrat sederhana atau yang manis, seperti minum teh manis,nasi, mi instan, maka gula darah akan cepat naik.
“ Bila gula darah cepat naik, tubuh akan mengkompensasi dengan melepas insulin, yang segera akan memasukkan semua gula darah ke dalamsel. Akibatnya gula darah menjadi cepat drop. Akibatnya tubuh akan lemas saat puasa. Secara psikologis, mood kita akan terganggu, ” jelasnya
 
Nenny mengungkapakan, pada saat berbuka, pilihan rasa manis yang terbaik adalah tetap karbohidrat kompleks. Nabi Besar Muhammad SAW menggunakan kurma. Kurma adalah buah yang memiliki karakter baik, mengandung tidak hanya fruktosa, akan tetapi juga mengandung vitamin dan mineral yang akan membuat gula darah stabil, dan asam amino yang akan segera memulai proses pemulihan tubuh.

“ Bila ingin rasa manis guna pemulihan, sebaiknya memilih mengkonsumsi buah seperti semangka, melon, pepaya dan buah lain. Bila ingin minum teh, gunakan madu, karena madu memiliki karakter seperti kurma, ” tuturnya

ia menambahkan, berbuka puasa dengan mengkonsumsi terlalu banyak makanan atau minuman yang mengandung gula pasir akan menyebabkan tubuh manusia seperti sedang melakukan diet yoyo.
“ Tubuh seperti disisiksa, dan pada saat lebaran, secara almiah tubuh kita akan melakukan kompensasi. Makan gila-gilaan, yang berakibat justru tubuh menjadi lebih gemuk setiap selesai hari raya, ” ungkapnya. (jhp)
 
Editor: Andrew_Pattymahu
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas