Senin, 24 November 2014
Tribun Manado

Sahetapy Berbagi Tips Bisnis UKM

Selasa, 17 Juli 2012 21:03 WITA

Sahetapy Berbagi Tips Bisnis UKM
TRIBUNMANADO/ CHRISTIAN WAYONGKERE
Seminar UKM ESCO di Wisma Pelaut Bitung.
Laporan Wartawan Tribun Manado Christian Wayongkere

TRIBUNMANAD.CO.ID, BITUNG
- Ingin menjadi pengusaha? Kini saatnya anda warga yang ada di Kota Bitung dan sekitarnya mewujudkan impian tersebut. Sukacita Production menggelar seminar Entrepreneur sucses community (ESCO) Cara Cerdas Berbisnis UKM atau usaha kecil miliayaran, pertama kalinya di Bitung dengan mengambil tempat di Hall Dewaruci Wisma Pelaut Bitung, Selasa malam (17/7/2012).

Menurut Nixon Tanos panitia pelaksana seminar tujuan seminar ini untuk mengajar orang atau memprofokasi orang supaya jadi pengusaha. "Seminar ini mengajarkan orang bahwa jadi pengusaha itu muda. Karena kondisi saat ini banyak diantara mereka yang takut menjadi pengusaha," kata Nixon. Saat ini banyak orang yang berpikir menjadi pengusaha harus memiliki modal banyak dan takut rugi.

"Melalui seminar dengan model tanya jawab akan benar-benar memberikan edukasi. Dengan mengubah mainset dari orang agar paham bagaimana menjadi pengusaha," tambahnya. Dijelaskannya dalam cara cardas berbisnis UKM diajarkan bagaimana membuka bisnis dengan ide pintar. "Bagaimana cara mendapatkan modal, bagaimana mengubah rugi jadi untung, cara mengelola SDM, kredit tanpa angsuran, cara bermain kartu kredit, bagaimana mengelola dan melipatgandakan uang, beternak properti," kata dia. Untuk itulah bagi anda yang akan bekeinginan menjadi pengusaha bisa mengikuti seminar serupa pada besok (hari ini).

"Kami juga menyelenggarakn semiar serupa di Aula Idaman Sario pada pukul 5 sore," tandasnya. Terpisah pembicara seminar Royke Sahetapy mengatakan banyak orang takut ketika akan memulai usaha. Karena itu, banyak orang memilih menjadi karyawan daripada pengusaha seperti ia dulu karena sedikit risikonya. "Padahal semua pekerjaan itu memiliki risiko, bedanya risiko seorang karyawan berada di belakang dan risiko seorang pengusaha berada di depan," kata mantan karyawan yang sukses jadi pengusaha UKM. Menurutnya, banyak orang takut ketika akan memulai usaha.

Karena itu, banyak orang memilih menjadi karyawan daripada pengusaha seperti ia dulu karena sedikit risikonya.  “Padahal semua pekerjaan itu memiliki risiko, bedanya risiko seorang karyawan berada di belakang dan risiko seorang pengusaha berada di depan,” katanya. Ia berkeinginan semua orang bisa menjadi pengusaha sukses, dimana lingkungan penting membentuk karakter seorang pengusaha.

"Saya menemukan trik menjadi pengusaha sukses setelah bergaul dengan lingkungan orang-orang sukses dalam bisnis melalui komunitas pengusaha," tambahnya. Dijelaskannya usaha yang bagus bukan usaha yang ditanyakan dan dipikirkan terus melainkan usaha yang dibuka. "Jika usaha itu sudah berjalan pasti akan dipikir,"kata dia. Oleh karena itu ia akan memberikan materi penting seperti bagaimana mengubah mental block seseorang. Bagi yang akan memulai usaha lebih baik membuka usaha yang ada dan tak terlalu muluk-muluk. "Usaha bisa dimulai dari kecil-kecilan karena hampir semua pengusaha besar memulai dari yang kecil," tandasnya.
Penulis: Christian_Wayongkere
Editor: Robertus_Rimawan

TRIBUNnews.com © 2014

About Us

Help

Atas