• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 3 Oktober 2014
Tribun Manado

Alasan Juve Hapus Bintang Emas di Kostumnya

Kamis, 12 Juli 2012 07:27 WITA
TRIBUNMANADO.CO.ID-Juventus mengungkapkan alasan tidak mengenakan bintang emas di kostumnya. Menurut klub berjuluk "La Vecchia Signora" ini, keputusan itu diambil karena tak ada kesepahaman dengan Federasi Sepak Bola Italia (FIGC) soal jumlah gelar yang telah meraka raih.

Di Liga Italia, setiap 10 kali juara, maka satu bintang emas akan dipasang di kostum, biasanya di dada sebelah kiri.

Namun, musim ini, Juventus tidak akan memakainya karena FIGC hanya memperbolehkan mereka memakai dua bintang emas. Sementara itu, Juve merasa sudah berhak memakai tiga bintang emas di kostumnya.

Oleh FIGC, Juve baru dihitung juara 28 kali. Dua gelar mereka pada 2005 dan 2006 dicabut sebagai akibat dari Calciopoli atau skandal pengaturan skor. Selain dua gelar dicopot, satu dianggap hilang dan satu gelar lagi diberikan kepada Inter Milan. Juve saat itu juga terkena degradasi paksa ke Serie-B.

Namun, Juventus tetap merasa berhak atas dua gelar itu karena diraih dengan susah payah. Dengan gelar juara musim 2011-2012, mereka merasa sudah meraih 30 gelar Liga Serie-A dan seharusnya diperbolehkan oleh FIGC untuk mengenakan tiga bintang emas di kaus. Namun karena tetap dianggap baru juara 28 kali, Juve sekalian tidak mengenakan bintang di kausnya.

"Kami menghitung sudah juara 30 kali. Namun, kalkulasi federasi (FIGC) baru juara 28 kali. Karena tak setuju, kami memilih mencabut bintang itu karena kami tak bisa mengenali aritmatika seperti itu," ungkap Presiden Juventus Andrea Agenelli.

Sebagai ganti dari bintang, Juventus akan mengenakan moto "30 sul campo" yang berarti "30 kali juara di lapangan".

"Semua Juventini sejati merasa bahwa kami sudah juara 30 kali. Kami selalu menerima keputusan dari sistem pengadilan olahraga. Namun, fakta baru telah muncul. Sayangnya, federasi memilih tak membuat keputusan baru. Itu sebabnya sejumlah tuntutan hukum telah dilakukan untuk memperjuangkan kepentingan kami," ungkap Agnelli.

Beberapa fakta baru memang muncul dan meringankan Juventus soal tuduhan pengaturan skor di masa lalu. Fakta-taka itu, menurut Juventus, seharusnya segera diproses karena bisa mengembalikan dua gelar mereka yang telanjur disita.

Kostum Juventus untuk kandang memiliki nomor berwarna putih dengan latar belakang hitam. Adapun nama pemain akan ditulis dengan warna hitam di latar belakang putih. Kostum tandang semuanya berwarna hitam, sedangkan kostum ketiga berwarna pink. (FBI)
Editor: Andrew_Pattymahu
Sumber: Kompas.com
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
73987 articles 8 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas