• Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Rabu, 3 September 2014
Tribun Manado

Sulut Tuan Rumah Pornas Korpri 2013

Senin, 18 Juni 2012 08:50 WITA
Sulut Tuan Rumah Pornas Korpri 2013
IST
Evans Steven Liow, Kepada Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora)

TRIBUNMANADO.CO.ID, MANADO- Sulawesi Utara kembali mendapat kepercayaan pemerintah pusat sebagai pelaksana event skala nasional. Kota Manado bakal menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional Korps Pegawai Negeri Indonesia (Pornas Korpri) tahun 2013.

"Agendanya sudah ditetapkan Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Pemuda dan Olahraga, kita (Sulut) tuan rumah Pornas Korpri bulan September tahun depan," kata Evans Steven Liow, Kepada Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Sulut, Minggu (17/6).

Diperkirakan ada 15 ribu atlet Korpri dan ofisial pendamping dari 33 provinsi akan ke Manado mengikuti hajatan tahunan ini. Pornas Korpri tahun depan bakal mempertandingkan tujuh cabang olahraga. "Badminton, tenis lapangan, tenis meja, bridge, futsal, bola voli, dan olahraga rekreasi," katanya.

Liow sebagai Sekretaris Panitia Lokal mengatakan, Sulut dipercaya karena pemerintah pusat melihat daerah ini mampu dan selalu sukses menggelar kegiatan berskala nasional dan internasional. Sulut unggul atas tiga provinsi lain, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan dan Jawa Barat yang juga berhasrat menjadi tuan rumah.

Paling anyar kegiatan Pekan Informasi Nasional (PIN), Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) dan City Expo, dan Pacific Partnership 2012. "Kepemimpinan Gubernur Sarundajang, Wagub Kansil dan Sekprov Mokodongan mendapat pujian saat pertemuan Kemenpora di Bandung pekan lalu," ujar Liow.

Konsekuensinya, Kemenpora bakal mengucurkan dana Rp 12 miliar dari APBN ke Sulut untuk mempersiapkan hajatan tersebut. Sementara, dana dari daerah  akan diatur dalam pembahasa APBD. "Kemungkinan akan diusulkan Rp 15 miliar tapi itu belum pasti disetujui, bisa saja berkurang," ungkapnya.

Pemerintah pusat menetapkan Sekprov Ir SR Mokodongan sebagai Kordinator Pornas Korpri 2013. Sedangkan Ketua Harian Harian, Asisten III Sulut Gemmy Kawatu, dan sebagai Ketua panitia lokal, Sekda Kota Manado, Haefrey Sendoh. "Semoga kegiatan ini bisa menjadi katalisator dan pemicu kebangkitan dunia olahraga Sulut," ucap Liow.(*)

Penulis: Fernando_Lumowa
Editor: Andrew_Pattymahu
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
71884 articles 8 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas