A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 107

Dinsos Programkan Non Jamkesmas Warga Kurang Mampu - Tribun Manado
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 22 Agustus 2014
Tribun Manado

Dinsos Programkan Non Jamkesmas Warga Kurang Mampu

Senin, 18 Juni 2012 20:25 WITA
Dinsos Programkan Non Jamkesmas Warga Kurang Mampu
TRIBUNMANADO/CHRISTIAN WAYONGKERE
Laporan Wartawan Tribun Manado Christian Wayongkere

TRIBUNMANAD.CO.ID, BITUNG
- Dinas Sosial kota Bitung kembali menunjukan kepeduliannya terhadap kesejahtraan masyarakat kurang mampu di Kota Bitung, dengan bantuan sosial berupa program non jaminan kesehatan masyarakat (non jamkesmas). Ini sebagaimana diutarakan Kadis Sosial Bitung Audy Pangemanan kepada sejumlah wartawan Senin (18/6), dimana program ini bertujuan untuk membantu masyarakat miskin yang mengalami sakit untuk memperoleh fasilitas kesehatan secara gratis.

"Program ini memiliki batasan-batasan tertentu, dimana jumlah masyarakat miskin yang diikutsertakan dalam program tersebut ternyata jumlahnya ditetapkan berdasarkan kuota per tahun," kata Pangemanan. Dijelaskannya ini dilakukan sebagai usaha pemerintah untuk optimalisasi tujuan utama program tersebut.

"Pemerintah berdasarkan SK. Menteri Kesehatan RI Nomor: 1185/Menkes/SK/XII/2009 tentang peningkatan kepesertaan Jamkesmas bagi Panti Sosial, Penghuni Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara serta Korban Bencana," tuturnya sembari menambahkan, akan mengeluarkan rekomendasi sebagai upaya mengakomodir masyarakat miskin yang belum mendapatkan Jamkesmas.

"Program ini merupakan backup bagi jamkesmas dengan prosedur tertentu yang tetap harus dipenuhi oleh yang membutuhkan," tambahnya.

Mereka yang akan memperoleh program tersebut hanya perlu menyediakan foto copy KTP, KK dan mengurus surat permohonan rekomendasi di Kelurahan, yang kemudian diteruskan ke Dinas Sosial untuk diproses sehingga yang bersangkutan mendapatkan rekomendasi.

"Surat permohonan dari kelurahan tersebut selain merupakan salah satu persyaratan juga bermaksud untuk menghindari salah sasaran dalam pemberian rekomendasi," kata dia.

Lanjutnya, masyarakat yang berhak mendapatkan rekomendasi adalah masyarakat yang tergolong sangat miskin, terlantar, atau pemulung, gelandangan maupun pengemis.

"Masyarakat sangat miskin yang berada di Panti  Sosial, Penghuni Lembaga Pemasyarakatan dan Rumah Tahanan Negara serta Korban Bencana yang memenuhi kategori sebagai masyarakat sangat miskin yang mengalami sakit, pantas untuk mendapatkan rekomendasi. Untuk itu, aparat kelurahan juga harus sangat selektif dalam mengeluarkan surat keterangan miskin sesuai dengan prosedur dan ketentuan yang berlaku," tandasnya.

Terpisah Alibaba (60) warga Kelurahan Manembo-nembo Kecamatan Matuari Bitung, nampak senang dengan adanya program Non Jamkesmas yang diberikan oleh Dinas Sosial.

"Saya senang, jadi kalau kena sakit tidak akan keluar biaya untuk perawatannya," kata Alibaba saat dikunjungi Kadis Sosial digubuk sederha miliknya. Lanjut pria paruh baya ini, program non jamkesmas, akan dipergunakannya saat terserang penyakit.

"Saya akan terus melakukan komunikasi dengan pihak Dinas sosial guna merealisasikan program tersebut," tandasnya.(crz)
Penulis: Christian_Wayongkere
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
71948 articles 8 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI
TRIBUNnews.com © 2014 About Us Help
Atas