A PHP Error was encountered

Severity: 4096

Message: Object of class stdClass could not be converted to string

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Object of class stdClass to string conversion

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Undefined variable: Object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: controllers/articles.php

Line Number: 105

Pelayanan PDAM Tuai Keluhan - Tribun Manado
  • Tribun Network
  • Login
  •  
  •  
  • Tribun JualBeli
Jumat, 25 April 2014
Tribun Manado

Pelayanan PDAM Tuai Keluhan

Selasa, 12 Juni 2012 21:40 WITA
Laporan Wartawan Tribun Manado Warstef Abisada

TRIBUNMANADO.CO.ID, TOMOHON
- Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Tomohon terus menuai keluhan. Sebab, kendati telah melakukan berbagai pembenahan jaringan, namun air bersih tak kunjung mengalir lancar ke rumah-rumah warga.

“Di wilayah kami, memang ada jaringan PDAM, tapi airnya tak berjalan lancar, sering ngadat, sehingga warga kesulitan mendapat air bersih,” keluh Kiky, warga Paslaten I, Lingkungan III, Kecamatan Tomohon Timur, Selasa (12/6/2012).

Kejadian tersebut menurutnya terjadi tak hanya sekali saja, tapi berulang kali, sehingga janji PDAM untuk memberi pelayanan air optimal 1x24 jam, diragukannya untuk bisa direalisasikan. “Untuk memenuhi kebutuhan air bersih, banyak warga di wilayah kami yang lebih memilih membeli air dari tetangga yang memiliki sumur. Meski membayar Rp 50 ribu per bulan, tapi kami puas sebab airnya mengalir kencang,” ungkapnya.

Direktur Utama PDAM Jeffry Polii melalui Kepala Bagian Teknik Freddy Tumurang menjelaskan, pihaknya memang hingga kini belum mampu memberikan layanan air bersih 1x24 jam secra penuh. Sebab, PDAM masih terus melakukan pembenahan dan pengembangan jaringan menjangkau kawasan yang selama ini, belum terlayani air bersih. “Jika pembenahana jaringan sudah tuntas, maka pelayanan air bersih pasti akan meningkat,” katanya, kemarin.

Pembenahan jaringan di tahun 2012 ini, kata dia menelan anggaran sekitar RP 5,3 Miliar, yakni dari Balai Sungai Rp 2,2 Miliar untuk perpipaan di kawasan Tomohon Timur dan Rp 3,1 Miliar dari Satker Provinsi untuk wilayah Kaaten Matani I, dan Tomohon Barat, seperti Woloan, Woloan I dan II, serta kawasan perkantoran. “Tahun lalu untuk pembenahan jaringan sudah menghabiskan anggaran sekitar Rp 9 Miliar, termasuk pengadaan fasilitas air baku di Malimbukar,” tuturnya didampingi Kepala Bagian Umum dan Keuangan Theo Tampi.

Persoalan lainnya menurut Freddy hingga menyebabkan air tak berjalan lancar, adalah akibat rusaknya meteran, kebocoran jaringan dan banyaknya jaringan liar yang mengganggu distribusi transmisi air bersih ke rumah warga. “Banyak sambungan illegal, sehingga saat ini kami masih terus melakukan penertiban, sambil menunggu penyelesaian proyek yang direncanakan pada Juli nanti. Mudah-mudahan, setelah semua jaringan tertata dengan baik, air bersih bisa mengalir dengan lancer lagi,” tukasnya.
Penulis: Warsteff_Abisada
Editor: Robertus_Rimawan
Bagi apa yang Anda baca dengan teman Anda.
  | Social:    ON Social:    OFF | Option
0 KOMENTAR
71486 articles 8 0
Loading...
Sebelum memberikan komentar, silahkan login menggunakan
TERBARU
TERBARU
TERLAMA
TERKOMENTARI KOMENTAR SAYA
© 2014 TRIBUNnews.com All Right Reserved About Us Privacy Policy Help Terms of Use Redaksi Info iklan Contact Us Lowongan
Atas